nhk

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang): Ducati Siapkan Mesin V Lebih Mungil

ManiakMotor – Bila mengganti mesin Ducati dari model ‘L’ jadi V murni itu disebut revolusi. Tapi model L yang digunakan oleh Ducati, tetap mereka sebut V. Sedang yang 2015 nanti dimensinya lebih mungil. Mesin itu akan diperkenalkan Luigi Dall’Igna pada akhir seri 2014, kan mesinnya untuk 2015.

Desmosedici GP15 memang dalam taraf proses pengembangan. Semuanya buah karya Gigi yang baru gabung Ducati musim ini. Seperti apa mesin 2015 belum terlihat sama sekali, tapi Gigi membocorkan banyak perubahan. Paling mendasar adalah mengubah konfigurasi mesin. Model sudutnya 90o, lebih kecil dari versi 2014. Katanya kira-kira sama dengan bongkahan mesin RC213V yang juga modelnya V. Wah kalau begitu boleh disebut revolusi dong. Kan meninggalkan model  ‘L’ yang ngotot dipertahankan Ducati. Katanya konstruksi seperti itu sudah ciri Ducati.

Juga model ‘L’ tersebut dicurigai jadi biang motor understeering, lantaran salah satu silindernya melintang seperti mesin bebek, hehe. Sayang, tidak dijelaskan detil V yang dianut tersebut? “Pokoknya tujuannya untuk lebih memudahkan set-up untuk distribusi bobot. Juga ban mudah seting. Mesin baru itu akan selesai utuh dan siap dicoba paa test Valencia (November),” ujar Gigi.

Ia juga belum menjawab apakah juga ikutan pakai pneumatic valve seperti Honda dan Yamaha, atau tetap pakai sistem desmodromic valve khas Ducati. Yang jelas, saat masih di Aprilia tahun lalu, Gigi dikabarkan akan mengembangkan klep digerakan secara pneumatic pada Aprilia yang  Open Class. Belum jelas soal ini dan sepertinya masih dirahasiakan.

Untuk pengembangan terdekat di Sachsenring. Jerman, Ducati akan merevisi perangkat software elektroniknya. Itu hasil bedahan dalam evaluasi awal musim dan telah diuji saat tes Catalunya silam. “Selanjutnya kami bawa fairing baru di Brno untuk membenahi aerodinamika,” imbuhnya.

Tahun perdana di Ducati, Gigi memang tak ingin melakukan perombakan besar pada pengembangan. Ia cicil item melalui tes-tes khusus. Sedikit demi sedikit dan akhirnya jadi sebuah karya yang utuh. Itulah Desmosedici GP15 yang disiapkan melawan Honda dan Yamaha selaku tim pabrikan.  “Honda dan Yamaha kini lebih mumpuni, jadi kami pun harus pelajari apa kelebihan mereka,” tandas Gigi yang sudah sumbang dua podium dalam masa enam bulan kerja di Ducati.

Ooo itu maksudnya evolusi yang bukan revolusi. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Biaggi Bantu Aprilia ke MotoGP 2016

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang): Pedrosa Perpanjang Kontrak Honda, Lorenzo Ke Ducati????

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman; Raja Kecil Akan Patahkan Marquez Di Sirkuit Mutlak Honda

MotoGP 2014 Dua Podium Ducati (Assen Ke-2), Gigi Yakin Desmosedici 2015 Menggigit

MotoGP 2014 Rossi Bela Lorenzo Soal Takut Jatuh Di Assen, Bantah Marquez Menang Taktik

 

 

 

BAGIKAN