nhk

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang FP3/Q2); Aleix Dapat Rangka Dan Power Yang Jitu

 

ManiakMotor – Menurut Aleix Espargaro rangka motornya pas dengan power mesin. Gabungan keduanya lincah di sudut-sudut sempit tikungan sirkuit Sachsenring, Jerman. Itu buktikan pembalap NGM Forward ini saat tercepat di free practice 1 dan 2 yang berlangsung Jumat, 11 Juli 2014.

Aleix terus terang dan terang terus memuji rangka Yamaha yang ia pakai. Bayangkan, ia bisa kalahkan lincahnya  Yamaha dan Honda pabrikan. “Hebat dan fantastis. Kami berhasil eksplorasi berbagai set-up pada mesin yang disesuaikan dengan rangka. Saya cepat di antara tikungan berdekatan,” komentar Aleix mengaitakan dengan prestasinya tahun lalu dengan Aprilia CRT yang juga tampil cemerlang di babak latihan dan kualifikasi.

Maksud dia, di Sachsenring tak melulu power besar penentu laju. Justru motor yang lincah dari segi setelan sasis dan mesin yang banyak diuntungkan, seperti ketika ia naik di CRT. Maklum, sirkuit kecil dan sempit pula. Mesin tak bakal lama-lama berputar tinggi pada model sirkuit macam Sachsenring. Tapi rpm  yang cepat mencapai putaran ideal yang jadi fokus set-up. Ya mungkin saja begitu, sesuai omongannya dan diterawang dengan elmu kira-kira.   

Di FP1, Aleix berhasil mencetak 1:22.170 atau meninggalkan Jorge Lorenzo yang pakai M1 kelas satu milik Movistar Yamaha dengan 0,253 detik. Sedang di FP2, Aleix mencetak 1:22.041 yang lagi-lagi menggunting catatan Marc Marquez from Repsol Honda Team dengan 0.117 detik yang sebelumnya lama berada di puncak tercepat FP2.

Kembali antara rasio kelenturan rangka, mesin dan selanjutnya sesuai karakter sirkuit. Sesuai pengakuan Aleix awal FP2 ia sempat coba sasis buatan timnya sendiri. Sayang sasis tersebut kurang merespon saat terjadi perubahan arah di tikungan bolak-balik. Makanya ia balik ke paddock dan kembali dengan rangka Yamaha, lalu di menit terakhir sabagai tercepat. “Sabtu, kecepatan ini masih bisa ditingkatkan di sesi FP3, FP4 dan terakhir Q2,” yakin Aleix.

Wah cocoknya anak ini pegang M1 pabrikan. Lha iya, kan, pakai M1 bekas saja sudah mengalahkan Marquez, walau hanya di single lap. Ito 

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Semua Sesi & Kelas 11, 12, 13 Juli 2014

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (FP2): Aleix Tercepat Latihan Bebas Kedua Disusul Marquez

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (FP1): Aleix Tercepat Latihan Bebas Pertama, Disusul Lorenzo, Rossi

MotoGP 2014 Sachsenring (Jelang): Tunggu Kontrak Lorenzo, Smith Ikut Deg-Degan

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang FP1): Marquez – Pedrosa Saling Puji

 

BAGIKAN