nhk

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang FP3/Q2): M1 Rossi Tak Kuat Panas, Knalpot Baru

ManiakMotor – Cuaca teduh yang 19oC dan suhu trek 29oC di sesi pagi bikin laju Valentino Rossi lumayan di Sachsenring. Ia urutan 3 dengan gap hanya 0,043 dari Jorge Lorenzo di sesi FP1 yang terjadi hari Jumat, 11 Juli tersebut.

Mulai panas, suhu sekitar 25oC dan suhu trek meningkat 37oC di FP2, performa M1 The Doctor langsung luntur. Motornya sulit dikontrol, lantaran munculnya understeering, gejala motor nyelonong walau berusaha dibelokan. Ban depan kurang cengkraman atau bergeser. Karena itu, Rossi  hanya nangkring ke-10, kali ini selisih 0,251 detik dari JL selaku sesama joki Yamaha.

Cuaca panas itu juga, Rossi pilih ban depan kompon keras. Sayang, ban karakter ini kurang cocok dengan set-up sebelumnya dan harus disetel ulang bersama suspensi depan dan sebagainya. “Motor kemabli  susah belok dan tetap ada gejala understeer,” jelas Rossi pada gejala motor yang nyelonong tersebut.

Usai FP2 belum diketahui sebab musababnya. Kru teknis pimpinan Silvano Galbusera pun dikabarkan kerja sampai malam agar dapat solusi untuk penampilan sesi Sabtu (12/7). Seperti Rossi, mereka pun bingung soal  perilaku motor saat trek panas sulit belok.

Di sesi Jumat itu pula Rossi menggunakan knalpot karakter baru. Sayang tidak dijelaskan konfigurasinya. Hanya disebutkan ada dua pipa, berarti 4-2-1. Hasilnya belum ketahuan, lantaran tenaga sulit disalurkan dengan gejala motor ogah cepat di tikungan. Percuma power bertambah sementara rangka dan suspensi belum menunjang. “Tapi, saya menyukai barang baru ini karena putaran bawah lebih lembut,” kata Rossi yang tetap punya ambisi masuk posisi 3 besar di sesi Q2. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Semua Sesi & Kelas 11, 12, 13 Juli 2014

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang FP3/Q2): Lorenzo Kuat Fisik, M1-nya Cepat..!

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang FP3/Q2); Aleix Dapat Rangka Dan Power Yang Jitu

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (FP2): Aleix Tercepat Latihan Bebas Kedua Disusul Marquez

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (FP1): Aleix Tercepat Latihan Bebas Pertama, Disusul Lorenzo, Rossi

 

 

BAGIKAN