nhk

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang): Lorenzo Tetap di Yamaha, Setahun atau Dua Tahun?

ManiakMotor – Perpanjangan kontrak Dani Pedrosa di Repsol Honda berpengaruh langsung pada Jorge Lorenzo. Daya tawar alias bargaining position-nya langsung ambruk.

Situasi terakhir justru menyulitkan JL. Ia tak lagi bisa ‘mengancam’ Yamaha karena kesempatan kabur ke Honda sudah tertutup. Negoisasi soal gaji yang selama ini jadi masalah pun akhirnya melemahkan posisi tawar juara dunia 2010 dan 2012 itu. Tinggal pasrah dengan gaji yang ditetapkan Yamaha jadi pilihan terbaik JL. Masalahnya kini soal durasi, hanya untuk 2015 atau terus hingga 2016 seperti kontrak Valentino Rossi.

Sebelumnya, JL ingin setahun lagi di Yamaha dan pada 2016 cabut ke Ducati dengan catatan rekor bayaran tertinggi MotoGP. Kabarnya dia akan dibayar 20-an juta Euro per musim. Daya tarik Ducati bukan cuma gaji brosist, namun juga potensi. Pada saat  itu diprediksi pacuan Desmosedici sudah bisa ngelawan. Juga utuh buatan Luigi Dall’Igna yang meriset dan mengembangkan Ducati mulai musim 2014 ini.

Dibilang potensi karena dalam enam bulan saja Dall’Igna sudah bisa beri dua podium buat Ducati musim ini. Asal tahu saja, Dall’Igna inilah yang membawa Lorenzo jadi juara dunia GP250 dengan  Aprilia. JL paham ilmu mesin Dall’igna. Maka Dall’Igna tak memungkiri ingin merekrut JL, tapi tidak saat ini karena Ducati belum siap. Motornya belum pantas untuk pembalap sekaliber JL. Lain soal kalau secara teknis Ducati bisa ‘cium-cium’ pantat RC213V dan M1.

JL sendiri bilang prioritasnya tetap di Yamaha, tapi bukan tak mungkin ada pilihan lain jika kesepakatan tak tercapai.  “Situasinya memang belum jelas. Saya berharap bisa mengubah situasi itu dengan hasil baik di Sachsenring,” tandasnya.

Hasil baik berarti kudu naikpodium, apalagi sebagai juara. Ya, hanya itu yang bisa menguatkan lagi posisi JL sebagai pembalap papan atas. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang): Lorenzo Belum Menyerah, Tertarik F1 Atau Ducati?

MotoGP 2014 Sachsenring (Jelang): Rossi Punya Senjata Lain Di Jerman

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang): Target Rossi Menjauh Diri Dari Pedrosa

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang); Pedrosa Resmi Dengan Honda Sampai 2016

 

 

 

BAGIKAN