nhk

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Hadang Marquez, Rossi – Lorenzo Butuh 0,2 Detik Lagi

 

 

ManiakMotor – Dipermak Honda di Sachsenring untuk kali ke-9 dalam 9 balapan, dua rider pabrikan Yamaha masih menyimpan harapan membalas. Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo mengaku tak loyo menyongsong 9 seri berikutnya. Ya usai dari Jerman ini instirahat sebulan dan silakan para ahli mesin, elektronik, girboks dan suspensi Yamaha putar otak.

Walau Lorenzo mengaku ada perkembangan dari motor dan fisiknya dengan hasil podium ketiga di Sachsenring. Begitulah pengakuannya. Katanya, M1 kini mulai bisa mengimbangi RC213V milik Honda.  Bahwa teknisi Yamaha dari Jepang mulai bisa mengatasinya. “Banyak kemajuan. Beberapa kali motor punya pace sama dengan Marc (Marquez) dan Dani (Pedrosa), beberapa lap lainnya tertinggal kisaran 0,1 sampai 0,2  detik. Sedikit demi sedikit  mulai mendekat,” ujar JL soal cerita lap by lap di Sachsenring.

Ia optimis melangkah seri berikutnya meski tak layak lagi berpikir gelar juara dunia. Yang penting ke depan adalah memberi perlawanan buat kubu Honda untuk menang. Caranya memepet  0,1 sampai 0,2 detik agar M1 bisa melawan RCV. Jika M1 sudah setara maka urusan berikutnya skill  dan nyali masing-masing jokinya di lintasan. Ringkasnya, percuma skill mumpuni jika teknis alatnya tak mendukung.

Kurang lebih sama dilontarkan Rossi. Meski start dari grid 6, ia sebenarnya merasa dalam kondisi bagus meskipun sempat kisruh jelang start. Itu akibat perubahan cuaca sehingga sebagian pembalap memulai start dari pitlane. “Sejak awal bilang sulit mengalahkan musuh di trek ini. Saya tetap coba, tapi tak cukup cepat bertarung ke podium,” kisah The Doctor.

Separuh musim telah berlalu, pencapaian Rossi terbilang bagus. Dari sembilan laga ia naik podium 5 kali dan 4 kali finish ke-4, termasuk di Sachsenring. “Saya merasa kompetitif musim ini. Meski begitu tetap sedih karena belum bisa juara satu.  Akan diteruskan cara pengembangan seperti selama ini dan tetap berusaha mengalahkan Marquez,” tandasnya seakan tak rela kalau semua seri ini akan jatuh ke kubu lawan.

Dan tetap berdoa. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Semua Sesi & Kelas 11, 12, 13 Juli 2014

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Marquez Menang Separuh Musim (9 Kali), Bosan???

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Marquez Juaranya, Honda Penguasa

MotoGP 2014 Sahcsenring Jerman: Marquez Lagi Tercepat Warm Up

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Jelang Race): Bradl Target Podium, Demi Penonton

 

 

 

BAGIKAN