nhk

MotoGP 2014 Sachsenring (Pasca Race): Marquez Contek Strategi Rossi

ManiakMotor – Prosesi start di Sachsenring rada beda karena ada dua kelompok starter. Sebagian di garis start normal, sebagian lagi dari pitlane. Marc Marquez sempat bingung karena tak cukup pengalaman untuk ambil keputusan dalam situasi demikian.

Karena hujan jelang balapan, panitia bikin deklarasi balapan pada kondisi basah (wet race). Sebagian besar pembalap, termasuk MM pun siap dengan ban basah (wet tyre). Sebagian lainnya berjudi dengan ban slick karena keyakinan lintasan akan berubah kering dalam waktu singkat dan ternyata memang demikian.

MM sendiri sudah berpikir situasi balapan bakal seperti Assen dua minggu lalu dan merasa aman dengan ban basah. “Tapi, perubahan cuaca terjadi begitu cepat. Saat berada di garis start jelang lap formasi, saya melihat Stefan (Bradl) pakai ban slick, padahal banyak bagian lintasan yang masih basah. Saya sempat bingung dan akhirnya menunggu saja strategi apa yang akan dipakai Valentino (Rossi) dan Dani (Pedrosa) seusai formation lap,” cerita MM lewat rilis Repsol Honda.

Ia putuskan menunggu Rossi dan Pedrosa karena kedua pemain senior itulah yang paling dekat dengan dirinya di klasemen. Jadi, kalau punya strategi salah maka ketiganya akan menanggung akibat yang sama. Dengan begitu MM tak akan banyak kehilangan poin penting di klasemen kejuaraan dunia.

Wah, pelit juga nih anak padahal sudah punya poin maksimal setelah memborong semua lomba awal! “Saya jelas sekali mencontoh apa yang mereka lakukan,” lanjut MM yang akhirnya mengikuti jejak DP dan VR46 yang masuk pit seusai formation lap untuk ganti ban kering. “Tapi, jujur, balapan kali ini sangat menyenangkan. Khususnya di bagian awal, benar-benar saya nikmati,” tambah MM.

Bagian awal yang ia maksud adalah soal strategi tadi, pepet-pepetan saat start bareng dari dalam pit, serta beberapa lap awal yang masih tarik-tarikan berebut posisi. Setelah itu ya seperti biasa Si Marquez ini langsung ngacir sendirian dan bikin bosan semua orang, termasuk dirinya sendiri. Kan doski bilang sangat menikmati bagian awal balapan, berarti yang ngacir sendirian itu tidak ia nikmati, seng ada lawan! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sachsenring, Jerman, Semua Sesi & Kelas 11, 12, 13 Juli 2014

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Hadang Marquez, Rossi – Lorenzo Butuh 0,2 Detik Lagi

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Marquez Menang Separuh Musim (9 Kali), Bosan???

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Marquez Juaranya, Honda Penguasa

 

BAGIKAN