nhk

MotoGP 2014 Sachsenring (Pasca Race): Setingan Gado-Gado Bradl Keliru

 

ManiakMotor – Ada yang tertinggal dari GP Jerman di Sachsenring lalu soal Stafan Bradl. Ceritanya menarik, sayang tenggelam oleh hiruk pikuk Der Panzer di final Piala Dunia 2014 yang juara. Tentu juga hilang oleh cerita Marc Marquez yang sembilan kali juara berturut.

Start front row di depan publik sendiri, ada harapan Bradl untuk finish podium. Apalagi Honda miliknya pun mampu membuntuti Marquez  sepanjang sesi latihan. Saat kisruh di garis start, Bradl pula yang jadi sorotan lantaran tetap start normal sedangkan mayoritas pembalap masuk pit untuk ganti motor pakai ban slick.

Rider tim satelit LCR Honda itu sudah jalankan strategi jitu dengan pakai ban kering sejak awal. Lepas start doski pun langsung terdepan dengan jarak  enam detik dari rombongan pabrikan Honda dan Yamaha. Tapi, sikit demi sikit, posisi Bradl mulai tergerus dan akhirnya finish tanpa poin.  Ia urutan 16. Lha kok bisa, aya naon Bro?

Selidik punya selidik, ternyata set-up tunggangan Bradl tak sepenuhnya untuk balapan kering. Suspensi belakang dan garpu depan masih setelan wet race, sebelumnya memang balapan dinyatakan basah. “Mekanik tahu soal itu, tapi sudah tak punya waktu mengatasinya. Maka keuntungan di awal balapan tak membuahkan apa pun karena motor tak bisa maksimal  meski pakai ban yang tepat,” papar Bradl.

Ia sendiri seperti berjudi dengan mempertahankan setingan yang gado-gado, sebagaian basah sebagiannya lagi buat dry race. “Dalam situasi genting seperti itu memang segala hal bisa melintas dalam pikiran kita. Saat itu saya mengamati sebagian trek di bagian bawah masih basah, sedangan yang di atas sudah kering. Saya pikir setingan ini mungkin lebih cocok. Akhirnya menyesal tak ganti pacuan seperti yang lain,” katanya dan jelas kecewa karena kesempatannya podim terbuang.

Juara dunia Moto2 2011 itu pin bersikap positif dengan hasil buruk itu. Dalam balapan, katanya, penampilan tak selalu bisa diukur hanya dengan posisi finish. Tapi, keseluruhan dari sesi latihan dan kualifikasi. “Saya sangat kompetitif dan saya yakin semua orang melihat potensi itu. Saat ini apa saja bisa terjadi menyangkut musim 2015, namun saya akan berusaha tetap di MotoGP,” ujar Bradl yang kontraknya putus tahun ini dan sudah digosipkan kalau HRC sudah minta tim LCT untuk cari pengganti. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Sachsenring (Pasca Race): Marquez Contek Strategi Rossi

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Hadang Marquez, Rossi – Lorenzo Butuh 0,2 Detik Lagi

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Marquez Menang Separuh Musim (9 Kali), Bosan???

MotoGP 2014 Sachsenring Jerman (Race): Marquez Juaranya, Honda Penguasa

 

BAGIKAN