nhk

MotoGP 2014: Sekelas Melandri Perlu Adaptasi, Sentimen Sesama Pabrikan Italia

 

ManiakMotor – Wajar Jack Miller kesulitan pada langkah awal di MotoGP. Iyalah, doski tembak langsung dari Moto3 ke MotoGP.  Kendati  perangkat elektronik di RC213V-RS miliknya sudah ‘disunat’, agar powernya kepegang.

Andalan Honda untuk Open Class 2015 itu memang diseting khusus buat Miller dengan cara mengurangi dosisnya. Ia diajak belajar dari satu step ke step berikutnya dengan cara disederhanakan. “Itu cara terbaik untuk membuatnya belajar dan terus belajar. Karakter motor yang ia pakai sekarang sangat jauh berbeda dengan Moto3, jadi ada sejumlah komponen yang belum kami berikan agar membuat proses adaptasinya terarah,” ucap pemilik tim LCR Honda Luchio Cecchinello.

Jangankan Miller yang istilahnya bau kencur banget, rider sekelas Marco Melandri pun butuh adaptasi tersendiri. Dia ini punya pengalaman 7 tahun di MotoGP (2003 -2010). Pacuannya pun beragam, yakni Yamaha YZR-M1 (2003-2004), Honda RC211V dan RC212V (2005-2007), Ducati Desmosedci GP8 (2008), Kawasaki Ninja ZX-RR (2009) dan Honda RC212V (2010).

Tapi dia lama pindah  ke WSBK alias 4 tahun terakhir. Walau namanya moge, tenaganya beda jauh dengan MotoGP. WSBK hanya motor harian yang dibikin racing dengan tenaga puncak 170 dk seperti Aprilia RSV-4 yang dipakai Melendri  2014. Balik ke  MotoGP dan menunggang Aprilia, Melandri akui butuh waktu khusus lagi mendalami power yang 250 dk ke atas.

Dua kali tes di Valencia dan Jerez belum cukup buatnya, terlebih untuk mencari titik lemah dan titik kuat motor itu jika dipadukan dengan gaya balapnya. “Power motor sekarang ini sangat luarbiasa dan bikin pening untuk mencari keseimbangannya. Itu hal normal dalam fase awal ini. Intinya saya masih harus mencari-cari dan akan lanjut ke Sepang,” katanya.

Catatan waktu terbaik Melandri di Jerez adalah 1:41,5. Masih kalah sedetik dengan rekan setim Alvaro Bautista yang juga tengah ‘belajar’ pakai Aprilia. Dibandingkan Andrea Dovizioso yang juga tes di Jerez, Aprilia milik Melandri masih kalah 1,6 detik. Buat  Melandri dan seluruh jajaran tim Aprilia, selisih waktu dengan Ducati adalah patokan sekaligus target yang harus diudek-udek.

Maklum, Ducati inilah musuh besar mereka sesama pabrikan Italia.  Ducati pula yang tahun lalu membajak Luigi Dalli’Igna dari Aprilia. Meski tak disebut-sebut, pastinya adalah keinginan Aprilia untuk memberi bukti mereka tak linglung ditinggalkan Dall’Igna. Itu salah satu tugas Melandri selaku rider Italia, melawan Dovi dan Andrea Iannone yang juga Italiano. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2015: Foto Menarik Antara Rossi Dan Linda Morselli, Cinta Racing

MotoGP 2014: Pol Espargaro Ikut Balapan Di Sentul, Pol-Polan Juga di Bali

MotoGP 2014 Test Pramusim Jerez 2015: Ducati Makin Kencang, Lengkapi Data GP15

MotoGP 2014: Rossi Kembali Memainkan Mobil Rally Monza, Perdalam Rear Wheel Steering

BAGIKAN