nhk

MotoGP 2014 Sepang Malaysia (Jelang): Klasemen Kedua Ramai Oleh Rossi, Cerdik Manajemen Ban

ManiakMotor – Dari semua kontestan  di Philip Island, hanya M1 Valentino Rossi yang bannya untuh sampai finish. Makanya jangan dibilang kebetulan Marc Marquez jatuh, Rossi jadi juara di Oztrali. Justru cara bawanya dalam akselerasi yang halus tapi cepat ban belakangnya awet. Sedang ban bertahan lama, karena pengereman yang persentasenya berurtan namun kencang. Ya cerdik soal memanajemen kompon dipakai sampai finish.

Yang lain kan bermasalah ausnya karet bunder. Macam Jorge Lorenzo terpaksa memelankan M1-nya. Tapi yang ngotot kencang terima risiko terpeleset tiba-tiba macam Marquez, Cal Crutchlow, dan Pol Espargaro. Sedang Rossi kencang terus brosist sampai garis finish. “Kan saya sudah bilang seejak sesi latihan, nggak masalah dengan ban produksi khusus Bridgestone untuk Philip Island,” jelas Rossi sehari sebelum balapan.

Tapi bukan inti cerita kali ini. Melainkan Rossi telah esuai targetnya mempertahankan posisi kedua di klasemen. Sebab untuk jadi nomor satu sudah ada Marquez yang tak mungkin digoyang lagi. Di Philip Island dengan merawat ban dia berhasil memperlebar 8 angka dari Jorge Lorenzo.

Sedang Dani Pedrosa jadi tertinggal 25 poin, lantaran Pedrosa nggak finish, Rossi sendiri jadi ke-1 atau dapat angka penuh sekali lomba. “Start dari grid ke-8 targetnya segera ketemu Dani (Pedrosa) dan Jorge (Lorenzo). Keduanya berhasil saya lewati. Dapat ke-1 akibat Marc (Marquez) jatuh, ya itu harus disyukuri, walau target sebenarnya untuk klasemen runner-up,” jelas Rossi dengan senyum sumringah.

Perebutan posisi kedua di dua seri sisa pun masih menarik. Terutama mengerucut pertarungan sesama pembalap Yamaha.  Apalagi, sirkuit Sepang  yang digunakan pada ronde 17 pada 25 dan 26 Oktober adalah sirkuit kegemarannya. Di sisi lain sirkuit tersebut pas untuk semua merek motor dari kombinasi cepat dan ‘pelan’, makanya langganan dipakai untuk testing pra musim.

Mari disaksikan. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Philip Island, Australia, Semua Kelas Dan Sesi 17 – 19 Oktober 2014

MotoGP 2014 Australia (Pasca Race): 10 Tahun Penantian The Doctor di Philip Island

MotoGP 2014 Philip Island (Pasca Race): Double DNF, Rekor Buruk Honda Sejak 2010

MotoGP 2014 Philip Island Asutralia (Race): Rossi Juara Diuntungkan Cara Bawanya, Kompon Ban Awet

MotoGP 2014 Philip Island, Australia (Race): Rossi Juara, Ke-2 Lorenzo, Marquez Jatuh

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353