nhk

MotoGP 2014 Sepang Malaysia (Jelang Race): Rossi Sesalkan Setingan M1, Bukan Urutan Start

ManiakMotor – Start dari posisi keenam bukanlah buruk buat Valentino Rossi. Baginya posisi itu sudah biasa sepanjang tahun ini. Ia selalu mendapatkan setingan di saat genting. Termasuk menuju lomba walau set-up paling enak gagal diterapkan di sesi latihan.

Warm-up pun masih digunakannya sebagai penentuan atau kesimpulan set-up dibawa ke lomba yang berlangsung 26 Oktober 2014 di Sepang. Katanya setingan dua hari latihan ini masih payah. “Motor sulit dibawa ‘kasar’. Maunya halus terus, padahal namanya balap, tidak melulu halus. Yang ini masih ada kesempatan diperbaiki pada sesi pemanasan sebelum lomba,” jelas Rossi.

Tipe Rossi memang membalap dengan halus mengembangkan putaran mesin. Dia juga halus menggiring racing line. Tetapi sifat motor yang kasar versi dia, juga dibutuhkan dalam keadaan ‘terjepit’. Misalnya, saling overtake atau di saat menekan dan tertekan, jurus-jurus halus kadang dilupakan. Itu maksud kira-kiranya, kaleee. Kira-kiranya ketika M1 gasnya diangkat tiba-tiba, jadinya liar. Di dalamnya juga nggak kepegang saat ‘ditekuk-tekuk cepat di mulut tikungan.

The Doctor bilang gejala seperti itu muncul saat coba-coba berbagai kompon ban. “Pada sesi Sabtu kami coba ban depan berkompon keras. Sebenarnya lebih enak, tapi sempat jatuh saat latihan terakhir. Tipe medium sepertinya lebih menjanjikan tapi belum diputuskan,” katanya.

Seperti dikatakn sebelumnya, Rossi yakin M1 kini mulai bisa melawan RC213V. Hanya perlu mendapatkan set-up presisi  agar bisa tarung berebut podium. “Dua Honda sangat kuat di Sepang. Jorge pun sedikit lebih kencang dari saya. Agar bisa bersama mereka di depan, saya harus bisa tingkatkan setelan motor pada sesi pemanasan. Yang paling penting adalah menghilangkan getaran pada roda jika motornya diajak tarik-tarik keras,” tambahnya.

Pada race sebelumnya, Rossi juga acap start dari baris kedua atau bahkan ketiga. Tapi, saat balapan bisa melejit ke depan tak lain berkat perubahan motor pada sesi warm up. Bisa jadi hal sama akan terulang di Sepang untuk mempertahankan posisi di klasemen ke-2? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Sepang Malaysia Semua Kelas Dan Sesi 24 – 26 Oktober 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Sepang Malaysia (Q2): Marquez Tercepat Kualifikasi, Di Bawah 2 Menit

MotoGP 2014 Sepang Malaysia (FP4): Marquez Ok, Pedrosa Kedua, Rossi Jatuh

MotoGP 2014 Sepang Malaysia: Pol Espargaro Kecelakaan Hebat DI FP3, Motornya Terbakar

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353