nhk

MotoGP 2014 Sepang (Pasca Race): Ngetop di Indonesia, Rossi Malah Puji Malaysia

 

 

ManiakMotor – Soal popularitas, pasti di Indonesia lebih banyak yang kenal Valentino Rossi ketimbang Malaysia. Lha, jumlah penduduk dan populasi motor saja jauh lebih gede di sini. Seting ke Indonesia, jadi bintang iklan pula. Lantas kenapa The Doctor memuji negeri jiran itu?

Tak lain karena konsistensi Malaysia menggelar hajatan MotoGP sejak era Sirkuit Shah Alam sampai era Sirkuit Sepang. Itu membuat atmosfer balap motor berkembang di Malaysia dan kemudian diikuti antusiasme penonton datang ke sirkuit.

Ini datanya. Pada tahun kedua (2000) MotoGP di Sepang, penonton ke sirkuit tercatat hanya 32.375 orang yang datang ke sirkuit. Itu jumlah total sejak sesi Jumat hingga raceday Minggu. Bandingkan dengan GP Malaysia edisi 2014 yang jumlah totalnya mendekati 131.000 orang, dan khusus saat balapan dipadati 81.896 orang. Itu jumlah yang lebih bagus daripada GP Austin maupun Laguna Seca, bahkan lebih dari GP Inggris dan Italia.

Karena itu jangan heran kalau Rossi benar-benar merasakan suasana berbeda kali ini di Sepang. Ia bisa mendengar sorak sorai dan gemuruh penonton saat berhasil meraih posisi terdepan, dan melihat penonton berdiri setiap kali ia melintas di depan tribun utama.

“Dulu bertahun-tahun lamanya kami tak punya penonton di sini. Hari ini suasana di main straight luar biasa ramai. Saya merasakannya seperti di Barcelona dan Mugello. Gairah pada MotoGP kini sangat besar, ini adalah kemenangan buat olahraga ini. Penonton sungguh luar biasa. Padahal cuaca sangat panas,” katanya yang mungkin nggak tahu kalau ribuan penonton itu justru datang dari Indonesia. Belum lagi TKI yang kerja di Sepang hehehe!

Pujian The Doctor pada Malaysia memang bukan basa-basi. Perkembangan balap motor di negeri itu maju sangat pesat, antara lain dengan hilir mudiknya pembalap mereka sebagai kontestan regular di Moto3 dan 2.

Kalau ada yang merasa miris di Indonesia, ya juga bukan basa-basi bro! Maklum, sejak 1997 Indonesia tak lagi berlangganan balap motor sekaliber MotoGP. Hanya rutin sebagai tempat persinggahan dan promosi para rider MotoGP. Dan, kabarnya, Thailand pun kini berniat mainkan MotoGP pada 2016. Kemungkinan Singapura pun menyusul.

Ah, kepada siapa ya sekarang bisa berharap datangkan lagi MotoGP ke Indonesia? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Sepang (Pasca Race): Marquez Siapkan Rencana Besar di Valencia

MotoGP 2014 Sepang (Pasca Race): Rossi Puas, Tetap Kejar Podium di Valencia

MotoGP 2014 Sepang (Pasca Race): Aneh RC213V Pedrosa, Honda Bikin Penyelidikan

MotoGP 2014 Sepang Malaysia (Pasca Race): Lorenzo Akui Rossi Lebih Hebat

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353