nhk

MotoGP 2014: Serba Gelap di Seri Pembuka Losail Qatar

 

ManiakMotor – Seri perdana musim ini, 21-23 Maret, memang berlangsung malam hari di Sirkuit Losail, Qatar. Tapi, trek tak akan gelap-gelapan karena disinari jutaan watt lampu sorot. Hasilnya yang kayaknya masih gelap. Lihat saja foto-foto di Qatar tak seterang siang, hehe.

Tapi bukan cerita balap malam, namun peta persaingan gerombolan The Fantastic Four (Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa) tak ikut sesi tes Losail lalu. Tak ada data terbaru seberapa oke mereka di Losail, terlebih dengan karakter ban belakang versi 2014 dan pengurangan BBM dari 21 jadi 20 liter.

Juga gelap, seberapa fit Marquez di sana setelah cidera tulang kaki dan istirahat sekitar sebulan. Sama gelapnya dengan kemungkinan Rossi bisa bersaing berebut gelar juara atau tidak setelah jalani serangkaian tes dengan sukses. Termasuk percaya dirinya yang tinggi.

Itu kondisi di tim pabrikan, kelas yang hanya diikuti empat pembalap di atas. Pada jajaran tim satelit, kiprah Pol Espargaro (Tech3) pun masih samar-samar menyusul cidera tulang bahu saat tes Losail. Persaingan sesama anak satelit yang juga hanya libatkan 4 joki pun sepertinya hanya seru anatara Bradley Smith (Tech3) dengan Stefan Bardl (LCR Honda) dan Alvaro Bautista (Gresini Honda).

Di Open Class (OC) rada remang-remang. Performa Yamaha FTR besutan Aleix Espargaro dan Desmosedici GP14 punya Andrea Dovisiozo mulai terang bersaing ke podium. Khusus Aleix bisa dibuktikan konsistensinya saat test di Sepang dan Losail. Yang gelap dan penuh tanda tanya adalah seberapa mumpuni joki-joki OC ini melawan tim satelit dan pabrikan dalam format balap sesungguhnya.

Latihan dan balap benaran beda atmosfernya, coy.  Di Qatar akan ada 22 laps atau nonstop 118,4 km. OC punya keuntungan BBM lebih banyak 4 liter dari pabrikan. Juga punya 12 mesin dalam semusim. Bisa jadi, untuk cari perhatian di seri pembuka satu mesin dikorbankan untuk kecepatan. Ya, melawan The Fantastic Four. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Rossi Serius Kembangkan VR46, Gaya Balap Tetap Sama

MotoGP 2014 Jelang Losail: Pertempuran 5 Yamaha, Warna Seri Pembuka Qatar

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar; Sejarah Kakak-Adik Satu Lintasan, Pol-Aleix Espargaro Masa Kini

MotoGP 2014: Rilis Spesifikasi Desmosedici GP14, Ducati Adu Cerdas Dengan Dorna

Moto2/3 2014 Tes2 Jerez: Nakagami Dominasi Moto2, Besutan Rossi Punya Prospek

 

 

BAGIKAN