nhk

MotoGP 2014: Siap-Siap 2015 Rossi Giat Dirt Track, Dovi Ke SIC Supermoto

 

 

ManiakMotor – Supermoto dan dirt track punya taktik yang berbeda tipis-tipis. Keduanya memainkan teknik menikung dengn slide alias memaksa roda belakang ada slip seolah putarannya lebih cepat dari depan. Lalu wilayah belakang ingin menyusul depan atau bergeser lebih menyamping sesuai arah menikung.

Bedanya supermoto belakangan mengubah treknya jadi aspal semua. Dulu kan masih gabungan aspal dan tanah, sehingga ilmu dirt track banyak terpakai. Itu bedanya dengan dirt track yang murni tanah. Tipe motor hampir sama, motor trail yang hanya beda ban.

Kira-kira seperti itulah yang diambil pelajarannya oleh pembalap road race, termasuk MotoGP untuk refleks hendlingnnya. Karena itulah Valentino Rossi rutin bikin acara di ranch miliknya di kampunya Tavullia, Italia sana. Macam Minggu 7 Desember kemarin berkumpul pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3 ikut 100 km mengelilingi sirkuit tanahnya. Waw…

Mungkin di dalam hatinya dari pada latihan sendiri, lebih baik rame-rame agar seru dan semangat. “Faktanya memang dirt track adalah permainan handling dan fisik. Olahraga bermotor yang satu ini sampai kapan pun tak akan saya tinggalkan, ya selagi bisa,” jelas Rossi pada suatu ketika soal gemarnya dia pada dirt track.

Sementara rombongan lain pemain MotoGP dan WSBK berkumpul di sirkuit Il Sagitario di Italia sana untuk ikut Sic Supermoto Day. Acara yang berlangsung 6 Desember itu bagian dari mengenang Marco Simoncelli. Masih ada hubungan dengan amal yang dikelola Tudisco Foundation untuk anak-anak yang memiliki kelainan.

Di sana ada Andrea Dovizioso, Mattia Pasini, Niccolo Antonelli dan Matteo Ferrari yang mewakili MotoGP. Sedang Max Biaggi, Chris Iddon, Niccolo Canepa dan Leon Haslam adalah SBK. Juaranya Iddon yang disusul Dovi pada acara tahunan yang sudah masuk tahun ke-3. Tahun lalu acara ini menewaskan Doriano Romboni yang mantan pemain GP250.

Ceritanya begitu, tapi intinya supermoto dan dirt track tetap jadi balapan lain buat pemain aspal di saat event lagi berhenti. Apalagi aturan di balap prototype, tidak sembarangan latihan alias ada jadwal yang dikeluarkan pantia. Bila melanggar akan kena penalty. Jadi mainan ini berguna untuk tetap menyatu dengan namanya mesin agar tetap siap pada 2015. Ito

BACA JUGA

MotoGP 2015: Rossi Jadi Contoh Untuk Lorenzo, Ingin Kalahkan Kombinasi Marquez – Honda

MotoGP 2015: Indonesia ‘Gila’, Pol Espargaro Sabar Menunggu Tahta!

MotoGP 2015: Setelah Pneumatic Valve, Aprilia Kini Serius Garap Teknologi SSG

Yamaha Asean Cup Race 2014: Lorenzo Ogah Balap Benaran Di Sentul, Ya Wajarlah!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353