nhk

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang FP3/Q2): Lorenzo Keluhkan (Lagi) Ban 2014

ManiakMotor – Hanya satu masalah Jorge Lorenzo di sesi awal GP Inggris, Sirkuit Silverstone. Yakni karakteristik ban 2014 pasokan Bridgestone. “Semua pembalap Yamaha punya problem sama,” kata JL yang bersama Pol Espargaro dan Valentino Rossi berada di luar 10 Besar atau zona Q1.

Jika tak berkutik lagi di FP3 hari ini atau Sabtu 30 Agustus, bukan tak mungkin mereka  masuk Q2 harus lewa jalur Q1. Bila terjadi maka itu adalah aib besar buat Yamaha, terlebih di Silverstone yang 18 tikungannya dominan cepat dan selama ini santapan empuk Yamaha.

Dari data kombinasi waktu FP1 dan 2 betapa pasukan Garpu Tala memang babak belur. Hanya Bradley Smith (Monster Yamaha Tech3) yang terbilang moncer dengan posisi ke-4 di bawah Honda dan Ducati. Entahlah, apakah ada faktor semangat tuan rumah yang ikut mendorong laju Smith.

Yang jelas, Lorenzo kembali menuding pasokan ban Bridgestone sebagai biang keladi. Spesifikasi khusus 2014 yang diluncurkan sejak awal musim diyakini JL memang kurang pas dengan  Yamaha. “Tak ada grip saat pengereman, tak ada grip di dalam tikungan, traksi roda sangat minim. Ban ini sama dengan tipe di awal musim, menyulitkan,” kata Jl yang sempat pula alami chatter (getaran) seperti motor Rossi yang dicurigai balans kompon yang kurang .

JL sadar kalau masalahnya tak akan selesai dengan mengeluh doang. Ia harus fight agar kembali masuk jajaran atas atau minimal 10 Besar FP3 agar boleh ikutan langsung Q2. “Kami harus coba semua cara untuk mengakali situasi ini. Sopesifikasi ban akan sama saja, jadi yang harus dilakukan beradaptasi secepatnya. Ini akan menjadi balapan yang sulit bagi pembalap Yamaha.”

Dengar tuh. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Semua Sesi & Kelas 29, 30, 31 Agustus 2014

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang FP3/Q2): Unggul Telak Dua FP, Marquez Lebih Sadis Lagi

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang FP3/Q2): Rossi Salah Seting, ‘Mati’ di Tikungan

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (FP2): Marquez Tercepat Latihan Bebas Kedua, Mesin Baru

MotoGP 2014 Silverstone, Inggris (FP1): Marquez Tercepat Latihan Bebas Pertama, Ducati Menyusul

 

BAGIKAN