nhk

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang FP3/Q2): Rossi Salah Seting, ‘Mati’ di Tikungan

ManiakMotor – Dua sesi latihan bebas pada Sabtu (30/8) ini bakal jadi arena kerja keras Valentino Rossi. Dia dan  tim teknis di bawah kendali Silvano Galbusera harus menata ulang set-up M1. Sebab hari pertama analisa basis settingan untuk ikut free practice (FP) 1 dan 2, keliru semua.

Kondisi  itu terbilang rawan, di FP1 The Doctor nangkring ke-8 dan FP2 ke-13 alias zona Q1.  Kesempatan ada di FP3 untuk memperbaiki keadaan lolos otomis ke sesi Q2. Nggak luculah  sekaliber Rossi dengan M1 harus berjuang dari Q1 bersama gerombolan Open Class.

Penyakit M1 kambuh lagi, roda depan tak nurut arah belok. Tuh roda maunya ngelawan racing line. “Di FP1 tak terlalu buruk meski belum merasa oke. Lantas dirombak banyak hal di FP2 agar distribusi bobot M1 imbang masuk tikungan dan kembali enak berakselerasi saat gas dibuka. Sepertinya salah seting, kondisi malah makin parah, benar-benar ‘mati’ di tikungan,” jelas Rossi.

Penyakit di roda depan itu malah bertambah. Maksudnya ada bonus getaran yang menggelitik sepanjang motor melaju. Selain pembalap kehilangan percaya diri, roda juga kehilangan grip. Karena itu The Doctor defisit waktu 1,8 detik dari Marc Marquez di FP3. Jauh amat, memang.

Khas M1 saat masuk dan berada di area tikungan cepat pun tak muncul. Rossi tak bisa sekencang yang ia inginkan, padahal di wilayah itulah selama ini M1 memiliki kinerja yang jempol.  “Kami harus memodifikasi motor dengan cara lain, mencoba sesuatu yang benar-benar beda,” kata Rossi seperti memerintahkan mekanik berpikir terbalik, hehe.

Memang harus begitu Doc! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Semua Sesi & Kelas 29, 30, 31 Agustus 2014

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang FP3/Q2): Lorenzo Keluhkan (Lagi) Ban 2014

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (FP2): Marquez Tercepat Latihan Bebas Kedua, Mesin Baru

MotoGP 2014 Silverstone, Inggris (FP1): Marquez Tercepat Latihan Bebas Pertama, Ducati Menyusul

MotoGP 2014 Silverstone Inggris: Kalahkan Motor Merah, Itu Target Tuan Rumah

MotoGP 2014 Silverstone Inggris: Lorenzo dan Pedrosa Ganti Kepala Mekanik?

 

BAGIKAN