nhk

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Ducati Mantap Semua Sesi, Podium Belum Tentu

 

ManiakMotor – Fasilitas Open Class (OC)  boleh pakai 12 mesin permusim. Bila dibagi rata-ratanya, hanya empat seri Ducati pakai mesin bekas. Itu pun bekas sekali pakai. Sedang 14 seri lainnya dari 18 seri pakai mesin baru. Bandingkan dengan pabrikan yang dijatah lima mesin permusim.

Pakai mesin seger selalu, eksperimen dan kecepatan jalan terus. Setengah musim 2014 mulai kelihatan cepatnya. Termasuk di Silverstone, Inggris. Kemarin atau 30 Agustus, Andrea Dovizioso sejak FP3 hanya bisa dikalahkan Marc Marquez, ya itu buah dari eksperimen dan tentu saja segarnya mesin. Mesin baru gitu loh.

Saat race memang baru dua kali terbukti podium. Selebihnya, Desmosedici belum konsisten. Masih punya kelemahan menguras nyali dan fisik jokinya. Disebut nggak konisten itu, joki masih banyak mengoreksi lajunya. Walau si Desmo dari dulu mantap di trek lurus. Di Inggris ini Dovi yang menjadi pembalap punya top speed tinggi 326,4 km/jam, itu lebih cepat dari Marquez 322,7 km/jam.

Power yang berkembang malah jadi senjata makan tuan. Ban lunak khusus Open Class nggak kuku mengarungi banyak lap. Maklum ban ini dibikin dengan pertimbangan tenaga motor Open Class jdi bawah pabrikan. Tapi faktanya, tenaga Ducati mulai setara para jagoan Yamaha dan Honda. Otomatis ban khusu ini cepat aus dimakan tenaga.  

Ban itu hanya ampuh di single lap macam Q2. Saat balapan, nanti dulu! Ya makanya, bila memaksakan ban itu saat race hanya awal Ducati sodok-sodok, abis itu hilang. “Pastinya saya akan pakai ban belakang tipe medium. Kompon itu saya gunakan di semua sesi latihan dan hasilnya memuaskan. Tinggal menunggu cuacanya,” tutur Dovi.

Ini kali ketiga Dovi start dari baris depan. Namun doski tak gegabah mematok target podium. Tak lain karena cerita di atas. “Ban kami akan lebih cepat tergerus dibandingkan milik tim pabrikan. Sulit mempertahankan konsistensi kecepatan. Butuh tenaga dan kerja ekstra agar bisa bertahan di grup depan. Tim sudah begitu banyak melakukan pengembangan, tapi saya tahu berat saat balapan,” tutupnya, sekaligus mengakhiri tulisan ini.  Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Semua Sesi & Kelas 29, 30, 31 Agustus 2014

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Marquez Ingin Main Panas-Panasan

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Lorenzo Tetapkan Tiga Area Untuk Menyalip

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Motor Merah Galak, Diincar Yang Hitam

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Q2): Kualifikasi Didapat Marquez, Disusul Dovizioso

BAGIKAN