nhk

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Serius! Rossi Yakin Cepat di Raceday

ManiakMotor – Urutan 6 kualifikasi sudah disyukur oleh Valentino Rossi. Itu dibanding  penampilan buruknya di dua sesi latihan awal. Itu berkat set-up baru M1 pada Sabtu 30 Agustus 2014 di sirkuit Silverstone, Inggris yang akan dibawa ke race 31 Agustus ini.

Basis awal yang disiapkan buru-buru ditanggalkan, dan buru-buru juga menyetel steering geometri rangka M1 untuk mengubah distribusi bobot. Ya rangka MotoGP bisa disetel bro, bukan seperti rangka motor harian sampeyan yang sudah dilas dari pabriknya pada komstir, kaleee. Tentu sekalian suspensi jika cerita dikait-kaitkan dengan ban. Mesin juga deh, hehe.

Saat tes di Brno, tim teknis The Doctor melakukan perombakan besar soal distribusi tadi agar ban makin balance untuk daya tahan kompon. “Ternyata itu sama sekali tak cocok di Silverstone, terutama karena banyak bagian yang tak rata dan bergelombang. Kami sudah temukan solusinya dan nyaman di FP3 dan 4. Meski tak terlalu menggembirakan di sesi Q2, saya yakin akan beda saat balapan. Seharusnya bisa lebih cepat 0,2 atau 0,3 detik,” katanya Rossi.

Seperti berkali-kali ia ucapkan dan buktikan, start dri baris kedua bukanlah hal yang terlalu buruk. Dengan pengalaman, tenang  dan pede, Rossi bisa manfaatkan situasi start tang memang tegang. Termasuk menyalip Marc marquez yang acap pole position tapi tampil buruk kala start. “Kemarin saya benar-benar khawatir, tapi segalanya membaik sepanjang sesi Sabtu. Sekarang rileks lagi menghadapi balapan. Hanya perlu sikit meningkatkan setingan agar lebih enak di tikungan,” tambah The Doctor.

Nah, kalau Rossi yakin bisa lebih cepat kala balapan maka itu biasanya akan terjadi. Masalahnya, apakah lawan-lwannya berebut podium akan lebih cepat juga atau nggak? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Semua Sesi & Kelas 29, 30, 31 Agustus 2014

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Ducati Mantap Semua Sesi, Podium Belum Tentu

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Marquez Ingin Main Panas-Panasan

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Lorenzo Tetapkan Tiga Area Untuk Menyalip

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Motor Merah Galak, Diincar Yang Hitam

 

 

BAGIKAN