nhk

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang): Valentino Rossi Bidik Podium

ManiakMotor – Waw… Kang Valentino Rossi bidik podium bro. Semoga saja membidik podium 1. Kolo podium 3 kan sudah biasa, pak. Cita-cita itu ditanam saat doi berangkat ke Inggris. Ia tidak mau mengingat nasib buyuk di sirkuit Silverstone yang tak pernah podium.

Walau pernah bermukim di Inggris, The Doctor kurang gemilang di GP Inggris sejak pindah dari Donington Park ke Silverstone pada 2010. Prestasi terbaiknya di lintasan bekas pangkalan udara itu finish ke-4 tahun 2013. Selebihnya jeblok, boro-boro tarung berebut juara, 2010 ia tak ikut balapan habis kecelakaan fatal di Mugello. Musim 2011 dan 2012, kamu tahu sendirilah dia joki Ducati yang ke-6 dan 9.

Setelah balik ke Yamaha tahun lalu bisa merapat ke-4. Macam mana 31 Agustus nanti, bisa naik podium ndak? “Rasanya tahun ini bisa lebih baik,” kata Rossi yang artinya masuk tiga besar alias podium. Lha, kalau tetap nomor empat kan artinya bukan lebih baik.

Bila sudah bidik podium, ia yakin akan dirinya dan terhadap M1-nya. Apalagi yang katanya set-up Yamaha mudah didapat pada karakter sirkuit cepat macam Silverstone. Tikungan-tikungannya banyakan melengkung manis. Ada sih chicane atau tikungan berbalasan  yang jadi penghambat Yamaha, namun modelnya cepat juga.

Baru lalu saat test di Brno, diumumkan M1 lebih mendingan dibanding lalu-lalu. Di Brno yang lebih lambat sikit dari Silverstone, peralihan atau distribusi bobot M1 sudah tak menguras rem dan fisik joki. Itu sama saja menguntungkan The Doctor dalam segi umur.

Kata Rossi, Silverstone bukan trek yang mudah buat dirinya meski dominan tikungan cepat. Namun ia bersemangat ke situ, lantaran semua orang di sana pakai bahasa Inggris, hehe. “Tahun lalu hasilnya tidak terlalu buruk. Tahun ini boleh dong meningkat karena ada perubahan dari test Brno lalu. Performa motor sudah mendekati yang diharapkanlah,” ujar Rossi yang akhirnya bisa mengalahkan Marc Marquez di GP Brno, kali pertama musim ini.

Bagi Rossi, tujuh gelar juara dunia kelas primer belumlah komplit jika belum bisa menaklukkan Silverstone. Begitu kira-kiranya soal dia membidik podium! Andro

BACA JUGA

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Jika Tak Pegal Linu, Marquez Yakin Menang

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Iggris: Test Privat Misano, Ducati Sedetik Lebih Cepat

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Lorenzo ‘Nyanyi’ Soal Ducati dan Suzuki

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang): Pedrosa Abaikan Rossi, Incar Marquez/Lorenzo

 

BAGIKAN