nhk

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Race): Marquez Juara Lewat Duel Dengan Lorenzo

 

 

ManiakMotor – Jadwal MotoGP tetap pukul 14.00 di Silverstone, Inggris sana pada 31 Agustus 2014. Sedangkan di Indonesia jatuhnya tetap pukul 19.00. Caranya dengan menukar race Moto3 yang biasanya jadi race pembuka ditaruh terakhir setelah MotoGP. Harapannya, MotoGP tetap dapat suhu yang ideal demi senyawanya kompon ban. Itu sama dengan tetap menariknya ronde 12 ini dan juga aman.

Tadi sih di Moto2  suhu trek 26oC. Ah langsung ke balapannya deh. Jorge Lorenzo dari grid 3 kembali menajamkan nalurinya untuk start. Lumajang, eh, lumayan langsung memimpiin tuh. Bahkan bisa memperlebar jarak dari Marc Marquez yang start dari grid pertama di saat kompon ban belum panas-panas amat sesuai aspal Silvertone. Ini sih gambaran lap pertama. Masih banyak lap dari 20 lap di Silverstone yang panjangnya 5.9 km.

Sikit demi sikit seiring panasnya karet RC213V Marquez, ia mulai menangkap dan pegang-pegang ekor Lorenzo. Ah, maksudnya mau dilewati, tapi berat kali ini. Dari tv sih, semua sudut Silverstone boleh diiris dengan rapi oleh M1 Lorenzo. Marquez sampai lap ke-7 belum berani menarik ekornya. Agak kepayahan juga tuh Marquez mengambil Lorenzo. Dari catatan waktu, keduanya rata-rata bermain 2 menit 2.3 detik. Tapi ingat kebugaran Lorenzo akhir-akhir ini diasah terus lewat olah raga keras. Mampu kah doski bertahan  di depan? Di belakang mereka Valentino Rossi sibuk melayani Dani Pedrosa.

Kuat juga peratahanan Lorenzo. Ia ingin bertahan sebagai jagoan Silverstone dalam tiga tahun terakhir. Juga memperlihatkan kinerja M1 yang sodari dulu enak di sirkuit cepat. Sirkuit yang tikungan-tikungannya bikin motor rebah lama dan kencang. Ya namanya juga sirkuit cepat bro. Tapi Marquez tak mau kalah cepat di sirkuit cepat. Ia ancang-ancang kecepatannya menjadi 2 menit 1.9 detik atau bikin fastest lap di lap 13. Ya sudah celah kecil dari Lorenzo pun diambil dengan improvisasi penguasaan motor yang tinggi. 

Duel belum selesai, Lorenzo kelihatannya kalah dalam mengulur pengereman. Tapi tetap mengejar dan unggul di tikungan parabolik, M1-nya lebih diam. Dibuktikan Lorenzo mengambil ulang MM di lap 15. Tiga lap mau finish, huhui bukan side by side lagi, tapi snggol bacok, eh maaf. Marquez bisa menyalip lantaran bisa lebih dalam menikungnya pada chicane, sejak itu Lorenzo terpaksa lihat buntut RC213V Marquez. Das, ronde ini luamayanlah. Di rombongan satu Lorenzo vs Marquez, rombongan 2 ada Rossi vs Pedrosa yang ditonton Dovizioso. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP Silverstone, Inggris, Semua Sesi & Kelas 29, 30, 31 Agustus 2014

Klasemen MotoGP 2014, Moto2 2014, Moto3 2014

MotoGP 2014 Silverstone Inggris; Marquez Tercepat Warm Up, Lorenzo Ke-2

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Tak Pantas Mengabaikan Pedrosa

MotoGP 2014 Silverstone Inggris (Jelang Race): Serius! Rossi Yakin Cepat di Raceday

Hasil MotoGP Silverstone
BAGIKAN