nhk

MotoGP 2014: Smith Dan Esparagro Cerita Untungnya Pakai SSG

ManiakMotor – Pertama kali dipakai pada tes Sepang2, pasangan pembalap Monster Yamaha Tech3 merasakan manfaat Seamless Shift Gearbox (SSG). SSG yang bukan merek susu si nona ini,  kian terasa di tes Losail lalu. Dengan barang itu keduanya pun siap berebut posisi di 6 besar di seri Qatar nanti.

Bradley Smith mengakui SSG-nya bikin laju M1-nya rata di gigi-gigi rendah. Tidak ‘tersentak-sentak’ seperti sebelum pakai SSG. Makin terasa saat melakukan banyak laps. Perpindahan gigi mulus dan cepat macam motor pakai CVT, walau kaki kiri masih menggerakan tungkai persneling. Makudnya, usai pindah gigi tidak ada gejala seperti terjadi perubahan rasio.

“Dalam satu lap sulit menjabarkan manfaatnya. Dalam jarak panjang baru sangat terasa,” ujar Smith yang sejak tahun lalu merindukan SSG, sejak Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi pertama kali menggunakannya pada GP Misano, September 2013.

Dalam jarak panjang itu konsentrasi joki sudah mengendur menghendling motor, emosi mempertahankan kecepatan rata-rata dan stamina pun telah melorot. Kontrol mengebut akan berubah dari lap-lap. Jelas beda dengan lap awal saat joki masih segar, nah SSG ini obatnya. Ia masih bisa menetralkan putaran mesin menuju roda kendati sudah ngos-ngosan. 

Sama dikatakan Pol Espargaro yang tengah berjuang menyembuhkan cidera bahunya. Benda baru itu membuatnya enteng kendalikan motor, terutama keluar tikungan untuk berakselerasi. “Tadinya saya pikir akan beri keuntungan waktu sekitar 0,5 detik per lap hehehe, ternyata nggak segitu! Tapi, memang terasa sekali tak ada gejala wheelie saat membetot gas dalam-dalam. Kalaupun ada gejala wheelie, tapi mudah dikontrol. Dalam banyak laps tak membuat fisik lekas capek,” tuturnya.

Keduanya pun siap bertarung di kelompok enam besar musim 2014. Jika diasumsikan posisi 4 Besar milik pembalap Repsol Honda dan Yamaha Factory Racing, maka level persaingan Smith dan Pol melawan dua pembalap tim satelit Honda macam Stefan Bradl (LCR Honda) dan Alvaro Bautista (Gresini Honda), dan tentu saja tarung dengan Aleix Espargaro juga.

Alotnya pertarungan musim ini tak hanya diempat besar, juga di bawahnya. Lihat saja nanti, pasti begitu Bro! Andro

BACA JUGA

Moto2/3 (Tes Jerez): Nakagami Masih Tercepat, Tim Rossi Melorot

MotoGP 2014 Jelang Losail: Enam Baut di Bahu Pol Espargaro, GP Qatar..?

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Ogah Bikin Prediksi, Tak Peduli Ocehan Marquez

Moto2 2014 Tes Jerez: Mesin Dan ECU Baru Honda, Nakagami Tercepat, Malaysia Ok!

Moto3 2014 Tes Jerez: Didikan Rossi Tercepat Moto3, Marquez Ke-10

MotoGP 2014 Jelang Losail Qatar: Marquez Tak Siap 100%, Tak Anggap Rossi Lawan Berat

 

BAGIKAN