nhk

MotoGP 2014: SSG Tech3 Bikin Gemas Pembalapnya, Keduanya Jumpalitan

ManiakMotor – Teknologi Seamless Shift Gearbox (SSG) yang baru digendong tim satelit Monster Yamaha Tech3 awal musim ini memang menggemaskan. Berkat peranti itu duet pembalap muda Bradley Smith dan Pol Espargaro sempat mengilap.

Keduanya sukses di tes pramusim. Pol  runner-up dalam tes Losail, sementara Smith start ke-3 di GP Qatar. Itu kali pertama ia berangkat dari front row. Ironisnya, perjalanan Smith terhenti di lap 19 karena terjengkal.  Ia sebut sebabnya karena kehilangan keseimbangan roda depan, tapi momen terjadinya insiden ada dugaan masalah di SSG yang terkunci atau macet. Itu yang bikin laju motor mendadak oleng karena roda belakang terhenti tiba-tiba.

Apa pun sebabnya, masih di situlah batas motor dari tim satelit. Secanggih-canggihnya sulit menyamai ‘tenangnya’ motor pabarik saat bertarung panjang. Tentu Smith kesal dan gemas, sebelum jatuh ia berada di bagian depan. “Ini bukan cara yang saya inginkan di awal kompetisi. Motor sangat baik, saya pun sangat percaya diri. Tapi, ya gitulah, kemudian jatuh di R6,” terang Smith.

Satu lap sebelumnya, masalah girboks pun menghentikan laju Pol. Perpindahan ke gigi rendah mendadak macet dan itu membuatnya keluar arena lebih awal. Ia sudah membayangkan bisa finish 6 besar dalam keadaan belum sebuh dari cidera di kancah MotoGP. Start dari urutan 12, Pol sudah ke-8 saat peristiwa itu terjadi. Dan, saat itu, ia merasa yakni bisa menyodok dua posisi ke depan setelah mencermati  pergerakan  dua pembalap Ducati di depannya.

“Berita bagusnya adalah cidera tulang bahu saya tak tambah parah setelah kecelakaan di sesi latihan. Sekarang yang saya butuhkan adalah istirahat dan mencoba fit 100% di GP Austin,” ujar Pol yang menderita patah tulang bahu saat tes Losail awal Maret lalu. Andro

BACA JUGA

Moto2 2014 Qatar: Nakagami Didiskualifikasi, Gara-Gara Filter Udara

MotoGP 2014: Lorenzo Akui Bikin Salah Di Qatar, Ban Belum Panas

MotoGP 2014: Marquez Ketagihan Melawan Rossi

MotoGP 2014 Asia Talent Cup Losail Qatar; Pembalap Indonesia Ke-10

MotoGP 2014 Losail Qatar (Race): Mulai Main Aman, Pedrosa Puas Nomor Tiga

 

BAGIKAN