nhk

MotoGP 2014: SSG Yamaha M1, Kurang Pentingkah?

 

ManiakMotor – Saat M1 dibekali Seamless Shift Gearbox alias SSG di pertengahan musim 2013, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi langsung banyak senyum. Mereka merasa lebih mudah mengendalikan pacuannya dalam situasi apa pun, walau faktanya hanya Lorenzo yang ‘menikmatinya’.  Ya, ukurannya adalah prestasi.

Dengan asumsi itu pula ada keyakinan Yamaha akan terus mengembangkan girboks tersebut. Mereka akan mengejar ketertinggalan dari Honda yang telah meramu SSG sejak musim 2011. Pengembangan SSG inilah yang bakal menentukan mampu tidaknya Yamaha merenggut gelar pada musim 2014. 

Sayangnya, Yamaha sendiri terlihat ogah buka-bukaan  soal SSG mereka dan step pengembangannya untuk musim depan. Bisa dimaklumi, karena sektor itu terbilang rahasia sifatnya. Yang jelas, JL sudah menginginkan piranti itu sejak musim 2012 dan merasakan efek positifnya dalam beberapa seri akhir kompetisi 2013. 

Bos JL, Wilco Zeelenberg pun, mengakui dampak positif SSG yang diusung Yamaha sejak ronde Aragon. “Tapi, itu bukan isu yang terlalu penting untuk dibicarakan musim depan. Sebab, alat ini rasanya sudah oke 100 persen, karena sudah diberani digunakan,” tegas Zeelenberg, seolah soal SSG bukan hal utama yang jadi harapan JL untuk dikembangkan. 

Zeelenberg akui SSG bikin M1 Lorenzo tak putus-putus tenaganya saat pindah  gigi. Tapi, ia juga tegaskan, hal utama adalah kesiapan JL sendiri. Ia percaya JL berpotensi memenangi balapan jika dalam kondisi prima, terlepas apakah motornya dilengkap SSG atau tidak. “Musim 2013 ia memenangi empat balapan tanpa SSG dan empat balapan lain dengan SSG. Jadi, SSG bukan hal utama baginya,” tegas Zeleenberg dalam hitung-hitungannya. 

Meski begitu, lanjutnya, pengembangan SSG terus berjalan dan itu adalah proyek panjang dan berkesinambungan. Nah, jadi nggak jelas kan omongan Mas Zeelenberg ini. Satu sisi ia bilang SSG membantu pembalapnya, tapi sisi lain bilang itu bukan hal penting untuk 2014 meski pengembangannya terus berlangsung. 

Atau, memang begitulah caranya untuk menutup-nutupi program yang tengah dijalankan Yamaha untuk SSG itu? Bisa jadi Brosist! Semua informasi seputar SSG sekarang ini tertutup rapat dan barangkali baru bisa diutak-atik saat tes pramusim di Sepang akhir Januari tahun depan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Jorge Lorenzo Perbaiki Konstruksi Tulangnya, Agar Fit 100%

MotoGP: Stoner Masih Setia Di Honda 2014

MotoGP 2014: Tanpa Rossi Bakal Redup, Dup, Dup, Dup… M1 Belum Klop

MotoGP 2014; Awal Rangka Teralis Ducati Yang Meringis

MotoGP 2014: Aturan Poin Penalti Berubah, Berlaku Dua Tahun

 

BAGIKAN