nhk

MotoGP 2014: Sudah Lewati Lorenzo Di Test Sepang, Rossi Ingin ‘Pukul’ Marquez

 

ManiakMotor – Valentino Rossi mengakui pacuannya yang dipersiapkan main di musim 2014 berubah drastis. Berarti dramatis terutama mengusir penyakit rem dibandingkan 2013. Hasil tes Sepang lalu membuatnya yakin bisa kejar Marc Marquez.

“Sepanjang karir balap selama 20 tahun, ini kali pertama saya melaju di bawah dua menit di Sepang. Perubahan yang luar biasa dibanding motor tahun lalu. Terutama area pengereman yang selama ini selalu bermasalah,” tutur The Doctor yang pace-nya konsisten memepet Marquez selama tiga hari tes sekaligus mengungguli dua pendekar The Fantastic Four lainnya, Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

“Betul sekali Marc memang lebih cepat, tapi saya merasa lebih kompetitif dan merasa lebih kuat dari tahun lalu,” tegas pemegang 7 gelar kelas primer itu yang musim ini bertarung di atas YZR M1 2014 yang dibangun sesuai riding style-nya. Beda dengan spek tahun lalu yang dibuat berdasarkan masukan Lorenzo, karena Rossi saat regulasi berubah ke-1000 cc berada di Ducati.

The Doctor mengingatkan masih banyak pekerjaan rumah yang harus dirampungkan. Selisih waktu saat ini yang hanya seperseribu detik belum bisa jadi parameter perlawanan saat balapan nanti karena kubu Honda pun pastinya akan terus berbenah. Apalagi, Marquez jugalah orangnya yang paling sukses melakukan simulasi saat tes di Sepang, kemarin. Ia bisa melaju konsisten dalam 20 laps (sesuai jumlah laps GP Malaysia) dengan bahan bakar 20 liter sebagaimana regulasi baru.

Juga Yamaha masih memiliki item-item yang bukan hitam-hitam tapi beberapa bagian  untuk diuji pada tes kedua Sepang, 26-28 Februari mendatang. “Beda waktunya memang tipis, tapi kami masih harus mengembangkan beberapa area untuk memukul Marc. Kami harus bekerja keras dan saya siap melaksanakannya,” tandas The Doctor.

Sayang, sejauh ini Silvano Galbusera lebih suka bekerja dari pada bicara. Ia belum ‘bisik-bisik’ terobosan dilakukan sebagai kepala mekanik baru, sehingga pacuan Rossi kali ini tokcer kalahkan Lorenzo. Sejak tahun lalu Rossi sudah bilang ia baru bisa berpikir mengejar Marquez jika sudah bisa mengalahkan Lorenzo, rekan setimnya. Bila tes kedua nanti plus tes terakhir di Losail, Qatar, Rossi sekompetitif saat ini maka saatnyalah berharap pertempuran di papan atas MotoGP 2014 dan lebih bergreget dibandingkan tahun lalu. Betul ora, Son!? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Redding Sependapat Hayden, RCV1000R Masih Kurang Tenaga Bawah

MotoGP 2014 Hasil Test Sepang: Ducati GP14 Sudah Gesit, Akselerasi Kuat, Ogah Ke Open Class

MotoGP 2014 Test Sepang; Pol Espargaro, Perlu Belajar Pol-Polan Dari Rossi

MotoGP 2014; Usai Test Sepang Bradl Fokus Rem, Tapi Ngalahin Pedrosa

 

 

 

 

BAGIKAN