nhk

Motogp 2014: Sudah Siapkan Pacuan 1000 CC, Suzuki Matangkan Program Tes

ManiakMotor – Setelah ‘mengintip’ performa Suzuki Satria FU di drag bike. Maaf, maklum biasa menulis drag, Suzuki kini siap tarung di MotoGP 2014. Itu setelah sampai bintitan mengintip Yamaha, Honda, dan Ducati di Sirkuit Sepang, baru lalu. Pabrikan yang juga di Indonesia gimana gitu,  kini persiapkan 5 jadwal tes sepanjang 2013, ya demi 2014.

Divisi balap Suzuki yang bukan di MT Haryono, telah selesai membangun proyek motor 1000 cc-nya dan pekan lalu telah dicoba tester Nobuatsu Aoki di Jepang.  Mesin dan sasisnya benar-benar baru dan sangat berbeda dengan motor yang selama ini diuji.  “Kini kami berencana menggelar tes khusus di Eropa. Pertama di Sirkuit Catalunya, kemudian Aragon, Misano, Mugello,  dan tes resmi MotoGP di Sirkuit Valencia,” terang Aoki, mantan pembalap MotoGP itu.

Belum pasti apakah Randy de Puniet sebagai test rider Suzuki akan ikut dalam rangkaian uji coba tersebut. Pasalnya, De Puniet juga disibukkan jadwal balap di kelas CRT MotoGP musim ini dengan tim Aspar Aprilia. Yang pasti, Suzuki akan menyiapkan dua pembalap ke Pemilu eh…balapan 2014.

Performa generasi terbaru 1000 cc itu, lanjut Aoki, membuatnya puas karena kinerjanya secara keseluruhan jauh membaik dibandingkan versi sebelumnya. “Tapi, jujur saja, saya sedikit khawatir karena para insinyur Jepang melakukan banyak sekali perubahan dalam desainnya. Perubahan drastis ini acap menimbulkan masalah. Dan, meski membaik, tentu saja masih banyak hal yang harus dikembangkan karena begitu lama absen dan tertinggal dari pesaing.”

Yang paling krusial, lanjutnya, adalah peranti ECU (Electronic Control Unit) yang perannya semakin dominan di era MotoGP sekarang.  Begitu banyak poin yang tingkat keberhasilannya ditentukan dari ECU itu. Ibaratnya, itu adalah otak sekaligus jantungnya pacuan MotoGP. Karena itu di Sepang lalu Aoki dan tim teknis Suzuki coba lebih cermat mengamati segala sesuatunya tentang teknologi itu.

“Setelah mundur dari MotoGP akhir 2011, kini Suzuki sangat tertinggal dari Yamaha, Honda, maupun Ducati. Elektronik adalah area terbesar. Dari suara knalpotnya saja, kami sudah bisa perkirakan apa yang dikandung motor tiga tim pabrikan itu,” tegas Aoki.

Buat orang-orang yang hidupnya di dunia motor, memang betul yang dikatakan Aoki bahwa karakter motor bisa diraba hanya dengan mendengar bunyi dan irama knalpotnya. Kalau suaranya gruk….gruk…ngikngok…ngikngok…tandanya si jago mogok,  hahaha! Andro

Berita Terkait

Mantan Bos Yamaha (Davide Brivio), Pimpin Suzuki ke MotoGP 2014?

Balik Ke MotoGP, Suzuki Kian Ceyiyus

Merasa Terlalu Tua, Rossi Tutup Pintu FerrariT

Oalah, Industri Film Porno Mulai Rambah MotoGP! Asyik Dong…

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353