nhk

MotoGP 2014: Suzuki Ogah Open Class, Pake Barang Baru di Tes Sepang2

 

ManiakMotor – Langkah Suzuki kembali ke ajang MotoGP pada musim 2015 bukanlah sekadar tampil. Tapi, serius melawan Honda dan Yamaha, lho! Mereka ogah main di Open Class. Hehe, nggak bilang itu kelas murahan sih. Asli, Suzuki nggak bilang begitu.   

Kata Davide Brivio yang memimpin proyek kembalinya Suzuki ke kelas para raja.  Mereka tak tertarik mengembangkan teknologi meski regulasi OC lebih longgar dengan 12 jatah mesin, 24 liter bahan bakar, dan ban lebih empuk. Buat Suzuki, pengembangan teknologi elektronik justru lebih seksi karena di sektor itulah tantangan pabrikan untuk memproduksi motor-motor masa depannya.

Buktinya, di Sepang1 lewat Suzuki pakai ECU yang hardware-nya sesuai standar Dorna. Memang pakai campuran Magneti Marelli dengan software-nya  Mitsubishi seperti selama ini digunakan Suzuki. Itu sama dengan ECU milik Honda dan Yamaha yang tetap gunakan software sendiri.

Hasilnya lumayan oke. Randy de Puniet bisa tempati urutan 17 dari 27 kontestan tes.  Yang lebih penting ia rasakan perubahan besar dibandingkan pacuan yang ia geber sepanjang tes 2013. “Ini cuma soal waktu karena masih kurang uji coba di lintasan. Kesempatan masuk 10 Besar sangat terbuka,” kata De Puniet yang sudah digadang-gadang sebagai pembalap permanen musim depan.

Guna mengejar 10 besar itu, Suzuki akan bawa seperangkat barang-barang baru macam mesin, sasis, suspensi dan teman-temannya untuk dijajal pada Sepang2, 26-28 Februari ini. “Di Sepang1 kami gunakan lebih banyak jeroan spesifikasi 2013. Kami belum dapat grip ban yang mumpuni, kinerja mesin harus ditingkatkan, dan stabilitas pengereman mesti diperbaiki. Di Sepang2 kami akan coba beberapa spare part baru,” tandas Brivio yang sohib kental Valentino Rossi itu.

Hati-hati kehabisan dana sebelum bertempur. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Suzuki Ogah Open Class, Pake Barang Baru di Tes Sepang2

MotoGP 2014 Test Sepang2: Penantian Ducati Beralih Status, Dovi-Crutchlow Deg-Degan

MotoGP 2014 Test Sepang 2: M1 Yamaha Tech3 Pakai SSG, Wah Dapat Juga2???

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang 2: Sesama Joki M1, Rossi vs Lorenzo, Tanpa Marquez

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang 2; Rossi Cs, Tetap Membidik Marquez Walau Tak Hadir

 

 

BAGIKAN