nhk

MotoGP 2014: Teknik Pedrosa/Marquez Sama Naik Honda CBR150R Lokal Dan RCV

 

 

ManiakMotor – Menurut Marc Marquez dan Dani Pedrosa di Sentul 21 Oktober 2014, bahwa naik motor apa saja punya teknik dasarnya. Gaya bisa berbeda, namun ilmu dasar ini yang terus dipegang. Soal motor cepat dan ‘pelan’ katanya yang membedakan pada titik pengereman demi mempertahankan kecepatan di dalam tikungan.

Silakan lihat Marquez dan Pedrosa ketika naik motor berbeda. Sama cui, teknik-tekniknya yang kelihatan di Sentul Besar. Menggeber RC213V bekas, dengkul dan siku menjadi satu kesatuan untuk mengukur kemiringan motor dan sekaligus jadi ‘roda ketiga’ untuk dipakai sliding saat rebah. Namanya rebah pasti lagi di pengkolan.

Ketika pakai Honda Honda CBR150R produksi Indonesia, tetap dengkul dan siku ini disatukan. “Itu jadi teknik dasar balap saya. Pakai motor apa pun, sama saja,” jelas Marquez pada penulis maniakmotor.com yang inisialnya Andro. Keduanya ingin berebut bicara pada reporter itu, husss…

Pokoknya naik CBR150R di trek lurus tetap tiarap habis dan tubuh keduanya menjadi kesatuan eorodinamika motor. Mata fokus mengintip racing line dari balik tudung depan atau windshield. Karena motornya bukan MotoGP di trek lurus keduanya masih sempat berbisik (lihat foto).

Jelang  tikungan badan ditegakan sikit, masuk tikungan kembali dengkul dan siku menyatu sembari badan/kepala seolah  melewati tudung untuk mempertahan grip roda depan. Pokoknya seperti naik motor MotoGP, padahal ergonomic CBR150R nggak pas-pas amat buat keduanya.

Membedakannya perhatikan lagi foto antara dua pembalap ini dengan joki Indonesia yang bersama mereka ikut ngegas CBR150R di Sentul. Beda kan? Maklum, mereka sejak kecil punya pelatih dari bekas MotoGP. Di Indonesia, pelatihnya dari bekas balap bebek, hehe.

Jangan hehe-nya yang dibaca, silakan ditiru. Sekadar diketahui Marquez dan Pedrosa bersama rombongan Repsol Honda Team, termasuk Shuhei Nakamoto, bos HRC seharian di Sentul International Circuit. Mereka datang atas undangan Astra Honda Motor sebelum ikut seri 17 MotoGP di Sepang, Malaysia. Andro   

 

BACA JUGA

MotoGP 2014 Sepang (Jelang): Marquez Ingin Duel Dengan Alex, Burn Out Pakai CBR150R Lokal Di Sentul

MotoGP 2014 Marquez Salam Dua Jari Dari Atas RC213V-nya Di Sentul

Sangat Ingin Indonesia, Dorna Terpaksa Pilih Thailand Gelar MotoGP 2016

MotoGP 2014 Sepang, Malaysia (Jelang): Yamaha Saling Gempur di Semua Kelas

BAGIKAN