nhk

MotoGP 2014 Tes Losail Qatar: Duel Satelit Vs Open Class, Aleix Hanya Sedikit Modifikasi

 

ManiakMotor –  Tanpa tim pabrikan maka tes Losail, Qatar menjadi perang terbuka antara tim satelit (Honda dan Yamaha) dengan anak-anak Open Class (OC).  Hasilnya, lagi-lagi OC unggul di hari pertama test 7 Maret 2014. Bintangnya masih tetap Aleix Espargaro. Ia memang bintang baru MotoGP, paling tidak dalam tiga kali test sejak Sepang1.

Tes ini sekaligus menguji ban belakang yang karakternya lebih empuk. Aleix paling sakses dengan ban spesifikiasi baru itu dengan best time 1:55,386. Punggawa Monster Yamah Tech3 Bradley Smith kalah 0,253 detik. Selisih waktu yang terbilang gawat. Maklum dari dulu spek motor satelit hanya kalah sikit dari pabrikan. Sedang OC disebut-sebut hanya pengganti CRT.

Yamaha FTR milik Aleix sedikit diutungkan lewat jumlah mesin per tahun dan bahan bakar yang lebih banyak. Pada matematika hitungan penggunaan mesin, tim OC tidak terlalu pusing dengan daya tahan umur mesin. Mereka boleh mengumbar power dengan ketersedian bahan bakar lebih banyak dari pabrik.

Keuntungan lain adalah ban belakang yang lebih lunak dan tentunya punya grip lebih bagus. “Dengan ban baru saya bisa tercepat. Pakai hard tyre, hanya Bradley yang menempel saya. Ini perkembangan  positif, perasaan saya seperti saat tes di Sepang,” utur rider Spanyol berumur 24 itu, sekaligus mengingatkan suksesnya yang bisa bersaing dengan tim pabrikan di Sepang.

Awal tes Aleix agak buruk dan bisa dipermak para pembalap Ducati. Masalahnya, Aleix kurang tidur pda malam sebelumnya, masih lemas, dan juga belum dapatkan feeling pada sirkuit bersama motornya. “Setelah istirahat, kami sedikit memodifikasi motor dan hasilnya  nyaman. Ini sekaligus jadi beban, karena tecepat di Sepang dan hari (Sabtu 8/3) motor saya seharusnya di depan lagi,” tambahnya dengan yakin.

Ya, hari ini memang berlanjut pertarungan. Aleix jadi buruan para pembalap satelit dari kubu Honda dan terlebih Yamaha. Juga diburu adik kandungnya, Pol Espatagro, yang membesut M1 milik Tech3. Kalau di Sepang Pol bisa pepet abangnya, bagaimana sepanjang Sabtu dan Minggu (9/3) besok? Bisakah Smith dan Pol ‘mengeroyok’ Aleix agar kredibilitas tim satelit terjaga? Kalau nggak bisa rame-rame pindah ke OC. Andro

BACA JUGA

Hasil Test Losail, Qatar, 7, 8, 9 Maret 2014 2014

MotoGP 2014 Tes Losail Qatar: Yamaha Teratas, Ducati Kendur, Honda di Tengah

MotoGP 2014 Test Losail Qatar; Sementara Ducati Tokcer, Diuntit Aleix

MotoGP 2014: Kode Kompon Ditayang Tv, Penonton Dicerdaskan

MotoGP 2014: Lihat Ducati, Suzuki pun Kepincut Main Open Class

 

 

 

BAGIKAN