nhk

MotoGP 2014 Tes Sepang 2; Bos Honda Bicara Status Ducati

 

ManiakMotor – Waktu terus berjalan. Ducati harus memutuskan tetap sebagai tim pabrikan atau ‘ganti kulit’ jadi Open Class (OC) sesusai tes Sepang2 pada 26-28 Februari ini. Bingung?

Banyak tokoh yang sudah membahas hal itu. Kali ini Livio Suppo, Team Principal Repsol Honda yang menjadi pak bos Marc Marquez dan Dani Pedrosa, yang juga musuh Ducati. Suppo bicara bukan dari sisi Hondanya, tapi kapasitasnya sebagai mantan bos Ducati.  Sekadar info, Suppo  pemimpin Ducati saat Casey Stoner meraih gelar juara dunia 2007, sekaligus gelar tunggal  Ducati. Musim 2011, si Suppo pindah ke Honda bersama Dek Stoner.

Memang dilematis. Buat juragan teknik Ducati yang baru, Diego Dall’Igna. OC lebih efektif untuk mengembangkan Desmosedici. Di kelas itu, Ducati tak perlu terpental-pental di antara Yamaha dan Honda, walau nantinya, eh ketemu lagi dengan FTR Yamaha, hehe.

Regulasi OC soal jatah 12 unit mesin membuatnya lebih bebas melakukan riset dan pengembangan. Tapi, buat sebagian Ducanisti, itu adalah langkah yang menurunkan imej selaku satu-satunya tim pabrikan Eropa di MotoGP, khususnya tifosi Italia. Yang mereka inginkan peningkatan kinerja Desmosedici GP14 yang akan dites ulang dalam Sepang2 akhir bulan ini.

Belum lagi pengaruhnya pada sponsor. “Suka atau tak suka, target sebuah tim pabrikan adalah bersaing sebisa mungkin. Saat ini jelas Ducati tidak berada pada posisi itu. Reputasi Ducati sangat hancur pada musim 2013. Jadi memaklumi sekarang ada wacana pindah ke CP untuk konsentrasi pengembangan,” ujar Bang Luppo.

Dengan kata lain, pilihan hijrah ke OC bisa diterima ketimbang bertahan sebagai tim pabrikan tapi terus-terusan dipukuli lawan macam sansak. Lain soal jika GP14 mampu bersaing dalam tes Sepang2 sebentar lagi. Nah, itulah tugas duet Andrea Dovisizo dan Cal Crutchlow dalam tiga hari tes. Hasil mereka  penentunya. Jadi, nggak, jadi, nggak, jadi, nggak…..silakan teruskan sesuai bunyi tokek hehehe! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Test Sepang2: Penantian Ducati Beralih Status, Dovi-Crutchlow Deg-Degan

MotoGP 2014: Rossi Balapan 3 Tahun Lagi, Fokus Test Sepang2, Baru Nikah

MotoGP 2014: Brasil Dicoret, Jadwal Aragon Mundur Sepekan

MotoGP 2014: Suzuki Ogah Open Class, Pake Barang Baru di Tes Sepang2

 

BAGIKAN