nhk

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Ducati Pilih Open Class, Pabrikan Hanya 2 Tim

ManiakMotor – Mengetik tim pabrikan, posisi Ducati sering lupa, bahwa dia bagian dari tiga tim di MotoGP berlambang factory. Tapi tahun ini rupanya tinggal dua, yakni Honda dan Yamaha, karena Ducati akhirnya memilih Open Clas (OC). Opsi ini memang dijanjikan mereka usai test Sepang 2 yang berlangsung 26 – 28 Februari 2014.

Sejak awal telah tercium enderungnya Ducati pindah ke OC. Bagi Luigi Dall’Igna yang mulai  musim ini menukangi seluruh pasukan Ducati di MotoGP, tantangan dan kesempatan di OC lebih luas. Ia merasa jenis OC adalah masa depan MotoGP sebagaimana diproyeksikan Dorna Sports mulai musim 2017 dengan berbagai regulasinya. Termasuk standarisasi ECU made in Magneti Marelli meski hal itu ditentang Honda dan Yamaha.

Makin kuat saat Andrea Dovisiozo menjajal Desmosedici GP14 versi OC pada hari kedua tes. Testing dengan motor ini dilanjutkan Jumat (28/2) ini dengan hasil mencengangkan. Dovi sempat menjadi pembalap tercepat sebelum dipatahkan Valentino Rossi. Waktu tempuhnya yang 2:00,067 bertahan hingga sesi sore dan kemudian dipatahkan Dani Pedrosa.

Walau di OC bisa saja Ducati mengacak-ngacak papan atas MotoGP, ya buktinya catatan Dovi tadi. Itu ketimbang dengan teknologi canggih tapi tak bisa berkutik dan bahan belum pernah secepat itu. Di kelas ini mereka bebas melakukan pengembangan riset. Alasannya punya jatah 12 mesin per musim. Itu mesin masih bisa dikutak-katik dengan aturan bahan bakar lebih banyak  4 liter dari tim pabrik.  

“Kami sangat hati-hati menyimak semua aspek regulasi saat ini. Open Class adalah opsi paling menarik buat Ducati. Paket elektronik yang ditetapkan Magneti Marelli dan Dorna juga terbukti mumpuni. Perangkat ini memaksimalkan dan bersinerji dengan berbagai komponen di motor kami,” ujar Gigi, mantan pentolan teknis Aprilia yang musim lalu sukses di kelas CRT lewat Alex Espargaro.

Anak buah gigi macam Dovi, Cal Crutchlow, Andrea Iannone dan Yonny Hernandez (Pramac Ducati), semuanya tarung di OC dengan status Ducati Team. Menariknya,calon  lawan tangguh mereka adalah Aleix yang musim lalu dikatrol Gigi di kelas CRT. Maklum, si Aleix itulah satu-satunya anak OC yang konsisten di kelas atas sejak tes Sepang1. Tapi tadi dikalahkan Dovi dengan motor sesama OC.

Nggak apa-apa, mendingan turun kelas tapi membidik kemenangan. Macam mana? Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang 2, Malaysia 26 – 28 Februari 2014

MotoGP 2014 Test Sepang 2; Hari Ke-3 Ditutup, Rossi Pedrosa Sama-Sama 1:59.99 Di Bawah 2 Menit, Lorenzo?

MotoGP 2014: Rossi Yang Pertama Bikin Di Bawah 2 Menit Di Tes Sepang 2

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Hari Ke-3 Dibuka Ducati Nyaris Di Bawah 2 Menit, Rossi Tercepat Di Bawah 2 Menit

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Rossi Tuduh Ban Baru Hanya Cocok Di Honda, Lorenzo Tolak Media

 

 

 

 

BAGIKAN