nhk

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Hari Terakhir, Pedrosa Bersmulasi Memanajemen Stamina Dan Ban

 

ManiakMotor – Akhirnya Dani Pedrosa kembali ke posisi sejatinya, pembalap yang selalu cepat di Sepang. Itu diraih pada hari kedua tes Sepang setelah babak belur pada hari pertama dan juga di test pertama.

DP bilang sebenarnya rasa lelahnya masih tersisa meski sudah mulai bisa tidur nyenyak. Apalagi cuaca di Sepang pun amat terik, 38oC dan suhu lintasan mencapai 54oC pada Kamis 27 Fabruari 2014. Eh, kebetulan ada masalah pada keseimbangan roda depan motornya. 

Maka DP pun harus berhenti dan hanya selesaikan 15 laps dengan catatan sama sekali tak membanggakan sampai siang jelang sore. “Tim membuat perubahan besar pada motor. Barulah pada sesi sore saya bisa merasa nyaman,” ujar DP yang membukukan fastest time-nya 2:00,039 pada lap ke-55 dari total 57 putaran pada hari itu. 

Tapi soal settingan bukan kebetulan ada masalah, lalu dibongkar dan dipasang kembali rodanya motor jadi enak. Hehe, ini mekanik MotoGP yang pakai telemetri brosist, semua benda bergerak pada motor terdeteksi kinerjanya. Makanya roda depan segera mantap dibenahi, DP pun melejit. 

Usai membereskan roda muka itu pada hari terakhir tes Jumat (28/2), timnya akan fokus ke belakang. Khususnya untuk penyesuaian karakter ban baru yang dipasok Bridgestone. Kompon juga ngaruh pada kenyalnya sokbreker dan antek-antek onderdilnya yang itemnya banyak. “Jika semuanya beres, saya ingin lakukan simulasi,” tambahnya.

Maksudnya, melaju 20 laps nonstop di lintasan Sepang seolah-olah sedang berlangsung seri balapan GP Malaysia. Itu juga dilakukan pembalap lain. Yang ingin diukur di sini adalah konsistensi kecepatan masing-masing rider memanajemen ban dan stamina joki. Termasuk di dalamnya urusan mekanik soal pasokan 20 liter BBM sesuai aturan baru. Andro 

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang 2, Malaysia 26 – 28 Februari 2014

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Rossi Tuduh Ban Baru Hanya Cocok Di Honda, Lorenzo Tolak Media

MotoGP 2014: Nggak Ada Marquez, Nggak Rame, Mucul Di Test Losail

MotoGP 2014 Test Sepang 2; Pedrosa Tidur Nyeyak, Tercepat Hari Kedua, Aleix Tetap Kuat, Rossi Ke-4

MotoGP 2014 Test 2 Sepang Hari Ke-2; Rehat Siang, Masih Aleix Disusul Rossi

MotoGP 2014 Test 2 Sepang: Ducati Melesat, Dovi Enggan Bicara Open Class

BAGIKAN