nhk

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Rossi Tercepat Merasa Kompetitif, Dua Tahun Lagi di Yamaha

ManiakMotor – Penampilan Valentino Rossi dalam dua sesi tes Sepang bulan ini,  mencerminkan janjinya. Katanya bila motor sudah enak, ia bisa kompetitif. Bisa jadi, kini Yamaha M1-nya sudah sesuai maunya. Fakatnya dua kali test, ia bisa berlari di bawah 2 menit di Sepang. 

Niat tidak pensiun pun menguat, ia ingin tekan gas terus. Justru doski ‘nantang’ kontrak dua tahun lagi ke depan. Wow, wow! Disampaikan di sela sibuknya doi nyetel ban di hari terakhir Sepang2, Jumat (28/2). Kala itu ia memimpin sesi latihan sejak pagi dengan 1:59,999. Satu-satunya joki bermain di bawah dua menit sebelum disamakan Dani Pedrosa jelang bubaran sore hari. 

Rossi dan kubunya  puas, sebab itulah kali pertamanya bikin waktu tercepat dengan ban belakang tipe baru yang harus dipakai musim 2014. Saat bikin  di bawah dua menit di Sepang1, ia gunakan karet item spesifikasi 2013. Kini, Rossi dapat set-up suspensi roda belakang yang sesuai tingkat grip. Tak seperti kemarin yang membuatnya ngomel.  

Meski lebih lambat dari waktu tes Sepang1 yang 1:59,727 dan juga lebih lambat dari rekor milik Marc Marquez, hasil ini membuat Rossi senyum mulu. Itu sebab ia kembali koar-koar ingin nagih dua tahun kontrak di Yamaha. Tanda The Doctor mulai merasa M1-nya kembali ‘kepegang’.  Maksud dari kepegang, M1 menyatu dengan dirinya setelah berpisah dua tahun dengan Ducati.

Memang hanya catatan waktu test yang sulit  jadi kenyataan saat lomba. Tapi motor cepat akan lebih mudah disetel untuk mendapat waktu rata-rata. “Tahun lalu saya masih ragu apakah masih bisa main di level atas atau tidak. Sekarang saya yakin masih mampu dan seperti saya bilang berkali-kali, ingin balapan dua musim lagi,” ujarnya. 

Lewat rilis tim YFR, tetap ada yang harus ditingkatkan. Terutama kinerja ban saat dipakai long run alias melahap beberapa banyak lap seperti lomba. Tapak samping tipe ban baru ini, katanya belum cocok dengan M1. Bridgestone sendiri menyebut konstruksi tapak ban versi baru yang hard lebih luas median yang bersentuhan dengan trek.  “Ya senanglah hari ini, karena nomor satu dan sepanjang tes ini bertarung untuk berebut posisi teratas. Ada perkembangan positif dibandingkan tes Sepang1. Dibandingkan tes tahun lalu, saya malah sedetik lebih cepat dan itu istimewa.”

Bersama Jorge Lorenzo, selanjutnya Rossi menuju Philip Island, Australia, untuk tes khusus tim pabrikan pada 3-4 Maret. “Tes di sana penting untuk memahami pacuan ini dan tipe ban yang digunakan,” tandasnya.

Okelah kalau begitu, gaspol Doc! Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang 2, Malaysia 26 – 28 Februari 2014

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Ducati Pilih Open Class, Pabrikan Hanya 2 Tim

MotoGP 2014 Test Sepang 2; Hari Ke-3 Ditutup, Rossi Pedrosa Sama-Sama 1:59.99 Di Bawah 2 Menit, Lorenzo?

MotoGP 2014: Rossi Yang Pertama Bikin Di Bawah 2 Menit Di Tes Sepang 2

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Hari Ke-3 Dibuka Ducati Nyaris Di Bawah 2 Menit, Rossi Tercepat Di Bawah 2 Menit

 

 

 

BAGIKAN