nhk

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Ducati Makin Santer ke Open Class Crutchlow Pasrah

 

ManiakMotor – Kemungkinan Ducati hengkang dari status tim pabrikan jadi peserta Open Class (OP) tampakya makin gencar. Cal Crutchlow yang tadinya optimis tetap rider pabrikan seperti bunyi kontrak pun seperti mulai pasrah.

Opsi ini sebenarnya ditentukan pada akhir tes Sepang kedua akhir Februari mendatang. Tapi, hasil awal dalam tes Sepang hari ini, Selasa (4/3) memberi sinyal memang lebih baik buat Ducati. Sepanjang hari ini duet Andrea Dovisiozo dan Cal Crutchlow sulit menembus kelompok 10 Besar di awal-awal sesi sampai berita ini diketik pukul 13;46 waktu Jakarta atau sesi sudah berjalan 4 jam dan tinggal tersisa 3 jam lagi.

Padahal, Desmosedici yang mereka kebut adalah mesin yang sama dengan tes Valencia silam dan telah di – up grade selama liburan panjang.  Justru Andrea Iannone (Pramac Ducati) dengan spek sedikt berbeda yang  mampu masuk 10 Besar. Parahnya lagi, duet pabrikan itu malah kalah jauh dari tim satelit Honda (LCR dan Gresini) maupun Yamaha (Tech3). Bahkan, Aleix Espargaro yang membawa Yamaha Kw3 pun sulit dikangkangi.

Daripada rmimpi siang bolong dan jadi bulan-bulanan tim pabrikan, mendinganlah tarung di OP saja dengan sejumlah aspek positifnya. Wacana itu digulirkan Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna yang menjadi General Manager baru Ducati. Menurut mantan pemimpin Aprilia itu yang dibutuhkan Ducati saat ini adalah pengembangan total pacuannya. Bukan melawan Honda dan Yamaha.

Guna riset dan pengembangan itu, maka OP-lah tempatnya. Di kelas baru ini disediakan alokasi 12 mesin dalam semusim dengan fasilitas bebas dioprek-oprek oleh para teknisi. Beda dengan pabrikan yang hanya dijatah 5 mesin seumur hidup… eh maksudnya setahun hehehe. Itu pun haram hukumnya untuk dikembangkan karena disegel penyelenggara.

Jika opsi itu jadi kenyataan, jelas Crutchlow terpukul. Ia hengkang dari Tech3 musim lalu karena ingin sekali menggeber motor pabrikan. Tapi, sepertinya tak ada jalan baginya kecuali mendukung program tim. Daripada nggak balapan sama sekali, mungkin begitu pikirannya. “Gigi sangat pintar dan saya percaya yang ia lakukan adalah demi kebaikan tim. Karena itu saya akan dukung semua programnya,” kata Cal sang pengantin baru yang di Valencia lalu bilang serasa mengendarai makhluk asing kala pertama kalinya membesut Ducati.

Sayang belum ada komentar lanjutan dari Dovisiozo, padahal ia yang bulan lalu membocorkan rencana Ducati itu. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Set Up Membaik, Joki Open Class Geser Pedrosa

MotoGP 2014 Test Sepang; Rossi Tercepat Disusul Marquez, Rehat Siang

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Jelang Siang, Marquez, Pedrosa Dan Rossi Tercepat

 

 

BAGIKAN