nhk

MotoGP 2014 Tes Sepang Hari Pertama: RCV1000R Babak Belur, Petinggi Honda ‘Tak Nyaman’

 

 

ManiakMotor – Marc Marquez boleh tercepat di sesi awal tes Sepang. Tapi, itu belum bikin petinggi Honda bisa merasa nyaman saat ini. Pasalnya, proyek Honda RCV1000R tampak babak belur di penampakannya di test pertama dan hari pertama di Sepang, Malaysia, 4 Februari 2014.

Kuda besi katagori Open Class (OC) yang digadang-gadang punya kelebihan tersendiri itu ternyata keok habis di tangan peserta OC lainnya. Para joki RCV1000R macam Nicky Hayden, Hiroshi Aoyama, Scott Redding yang tadinya sesumbar akan menjuarai kelas OP, dan Karel Abraham ternyata tak berdaya. Keempatnya ke-17, 18, 21, dan 26 dari 26 joki yang ikut tes.

Jelas tak sebanding pesaing mereka, Aleix Espargaro yang membesut Yamaha FTR. Juara kelas CRT 2013 itu finish ke-7 dan sebelumnya sempat bercokol di kelompok 3 besar. Penggeber Yamaha FTR lainnya, Colin Edwards, ada di urutan 11.

Lebih parah lagi, RCV1000R bahkan takluk di tangan Yonny Hernandez (Pramac Ducati) yang dipasang Ducati untuk main di OP. Hernandez nangkring di peringkat 15. Yang paling terpukul adalah Redding. Runner-up Moto2 2013 itu hanya mampu bersaing dengan Hector Barbera dan Mike De Meglio yang pakai Kawasaki. Redding pun harus telan pihl pahit karena faktanya kalah dari Randy De Puniet yang tengah ‘belajar’ membawa Suzuki kembali ke ajang MotoGP.

Sejauh ini belum ada komentar resmi apapun dari HRC atau rider OP mereka. Petinggi HRC macam Shuhei Nakamoto pun tampak tak nyaman dengan hasil itu. Terlebih Cristian Gabbarini, mantan kepala mekanik Casey Stoner, yang ditunjuk jadi komandan proyek RCV1000R.

Jika dalam dua hari sisa tes di depan kondisinya masih sama, maka itulah saatnya HRC merevisi kembali proyeknya untuk tampil beda pada tes kedua pada akhir Februari mendatang. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Kinerja Rem M1 Rossi Katanya Sudah Sembuh, Nyaman..!

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Marquez Dan Pedrosa Geber RC213V Spek 2013, Beda Lacak Set-up

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Marquez Tercepat Hari Pembuka, Rossi Kalahkan Lorenzo

MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia: Gairah Rossi Tergambar Dalam Helm Baru

 

 

 

BAGIKAN