nhk

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Janji Rossi Di Bawah 2 Menit, Umur Tak Masalah

 

 

ManiakMotor – Orang bilang Valentino Rossi pembalap tua. Tapi, faktanya, ia masih sanggup melahap 60-an laps di sirkuit Sepang yang panjang di tengah sengatan matahari. Hasilnya pun oke punya, di sesi pembuka hari ke-3 latihan pra musim ia berlari di bawah 2 menit di Sepang, 6 Februari 2014. Lebih tepatnya ia mencetak 1 menit 59.727 detik pada lap ke-11, hanya kalah dari Marc Marquez. Itu sementara, masih ada waktu latihan 7 jam ke depan. 

Dua hari berturut lalu The Doctor cetak waktu mendekati rider Repsol Honda. Juga sudah lebih kencang dari teammate di Yamaha factory Racing, Jorge Lorenzo yang selalu jadi patokannya untuk meyetel motor saat kembali ke Yamaha kedua kalinya. Sampai hari ketiga ia buktikan stamina bugarnya dengan konsitensi kecepatan dari lap ke lap.

Karena panjang trek Sepang 5,5 km, berarti The Doctor rata-rata melaju lebih dari 300 km saban hari. Yang lebih muda saja banyak yang gempor coy! Itu berkat latihan rutin sepanjang liburan seperti selalu ia upload di VR46 Official-nya. Tak ada waktu leha-leha.

Secara bergurau, Rossi bilang satu-satunya masalah baginya adalah Marc Marquez yang melaju terlalu cepat sehingga tak mampu dikejar. Yang seriusnya adalah ban. Pasokan tipe baru ban belakang yang tahun ini diperkenalkan Bridgestone belum klop dengan karakter nyetir sang legenda.

Tapi katanya di hari ke-3 masalah ban dan settingan menyeluruh M1 sudah ada gambaran bisa diatasi. “Saya belum dapat setingan terbaik dengan ban baru itu. Kami coba banyak hal membandingkanya dengan ban lama. Hari ketiga kami masih menyentuh area ini, selain evaluasi kerja mesin dengan pasokan bahan bakar sesuai reguasi baru,” ujar Rossi tentang rencana pada hari penutup Kamis (6/4) ini dan telah ia buktikan dengan catatan di bawah 2 menit.

Sampeyan boleh berharap jauh, soal rem dan out-in-out di tikungan Sepang, katanya sudah tak jadi problem, tak lagi seperti acap terjadi musim lalu. Karakter M1 2014 sudah mendekati yang ia inginkan. Tinggal meramu kinerja komponen yang satu dengan yang lain agar  saling menopang. “Mudah-mudahan kami bisa atasi masalah ban ini. Soalnya terasa getaran di roda belakang pada kecepatan tertentu,” tandasnya.

Artinya sudah tertangani dong. Kan hanya balance roda, kali. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014 Test Sepang: Rossi dan Marquez Jadi Sorotan, Paling Kencang?

MotoGP 2014 Test Sepang; Marquez, Rossi, Lorenzo, Aleix Di Bawah 2 Menit

MotoGP 2014 Test Sepang: Di Belakang Honda Rossi Tetap On Fire, Lorenzo Galau

MotoGP 2014 Test Sepang: Mantap Rem Dan Geometri Honda RC213V, Bikin Marquez Cetak Rekor

 

 

BAGIKAN