nhk

MotoGP 2014 Tes Sepang2: Rossi – Lorenzo, ‘Ngamuk’ Soal Ban

 

ManiakMotor – Seharian jajal ban belakang spek baru yang musim ini digunakan, duet pembalap Yamaha Factory Racing kini sama-sama mengeluh. Karakter M1 sama sekali belum cocok dengan ban tersebut.

Sejak dicoba, Rossi cerita sulitnya menentukan setingan ban yang tepat. Kalau Lorenzo mah dari tahun lalu pun sudah  nggak enjoy dengan karet item itu. “Topik utama dalam tes ini adalah ban belakang. Berbagai upaya telah kami cocokkannya dengan M1. Variasi set-up sudah dilakukan, saya sama sekali tak puas,” keluh The Doctor yang finish ke-4 pada Kamis (27/2) dengan selisih kisaran setengah detik dari Dani Pedrosa yang tercepat hari kedua.

Lorenzo lebih parah, urutan sembilan. Tidak biasanya. Ia benar-benar kesal yang ia perlihatkan dengan wajah dan kata-kata. “Saya sangat kecewa, khususnya prilaku ban. Tak ada yang berubah dari kemarin. Saya tak percaya diri untuk meningkatkan kecepatan,” tukasnya dengan nada yang tinggi pada ban belakang yang permukaannya sebenarnya lebih luas kontaknya pada aspal. 

Hari terakhir Jumat (28/2) sepertinya pasukan Yamaha ini masih menggunakan waktunya untuk  setel-setel ban. Cerita ban lebih banyak utak-atik suspensi dan sudut kemudi. Iya sih, kedengarannya hanya itu yang disetel. Tapi banyak item yang ada di situ bro. Tapi tenang, masih ada 8 jam untuk perbaikan dan Lorenzo berharap pada akhirnya bisa menemukan solusi terbaik.

Beda dengan Rossi yang memprediksi hasil sama masih akan terjadi. Pasalnya, timnya tak punya banyak pilihan. “Tentu kami tetap berusaha semampunya. Betul kalau masing-masing sirkuit punya karakter tersendiri dan kaitannya dengan ban. Tapi, saya sedikit khawatir lantaran ban ini  tak ideal dengan laju M1. Semoga saja di trek lain problemnya tak separah di Sepang,” papar Rossi yang sebenarnya jauh lebih oke dari tes musim lalu di lokasi sama.

Sepanjang Jumat (28/2) akan jadi kerja keras buat seluruh kru Yamaha Factory Racing. Harus ada jawaban, apakah sukses beruntun Aleix Espargaro di atas Yamaha FTR semata-mata karena ia boleh pakai ban belakang yang memang dibikin buat Open Class.  Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang 2, Malaysia 26 – 28 Februari 2014

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Rossi Tuduh Ban Baru Hanya Cocok Di Honda, Lorenzo Tolak Media

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Hari Terakhir, Pedrosa Bersmulasi Memanajemen Stamina Dan Ban

MotoGP 2014: Nggak Ada Marquez, Nggak Rame, Mucul Di Test Losail

MotoGP 2014 Test Sepang 2; Pedrosa Tidur Nyeyak, Tercepat Hari Kedua, Aleix Tetap Kuat, Rossi Ke-4

MotoGP 2014 Test 2 Sepang Hari Ke-2; Rehat Siang, Masih Aleix Disusul Rossi

 

 

 

BAGIKAN