nhk

MotoGP 2014 Test Brno: Bridgestone Kenalkan Ban Depan Asymmetric

 

ManiakMotor – Meski tak lagi jadi penyuplai ban resmi MotoGP pada 2016, riset lapangan terus dilakukan Bridgestone. Terobosan barunya menyuplai ban depan yang konstruksinya  asymmetric, bahasa Indonesianya asimetris.

Walau kelihatannya botak, karena slick ada perbedaan pada dinding ban (side wall). Tentu saja pembedanya formula komponnya, agar keseimbangan ban dan grib ban antara sisi berbeda sama baiknya.

Selama ini tipe ban asimetris hanya ada pada ban belakang. Biasanya asimetris disesuaikan dengan bentuk dan jumlah tikungan. Pada trek yang dominan tikungan kanan, misalnya, maka sisi kanan ban dibuat lebih kuat dari sisi kirinya.

Demi alasan  keamanan dan kenyamanan, Bridgestone berencana melahirkan ban depan yang juga begitu. Tak lagi simetris yang komponnya  sama di dua sisi seperti selama ini. Tipe ban itu sudah diuji saat test Brno lalu oleh sejumlah pembalap. “Karakter Brno bukanlah sirkuit yang butuh ban asimetris. Tapi, kami ingin tahu feedback dengan ban baru ini,” kata Shinji Aoki, manajer pengembangan pabrikan ban Jepang itu.

Ban ini salah satu solusi untuk mengurangi kecelakaan di trek tertentu seperti Sachsenring dengan turunannya yang berjuluk waterfall (air terjun) yang langsung nikung di bawahnya. Itu juga perlu di sirkuit yang jumlah tikungan kanan dan kirinya jomplang.

Rencananya ban depan slick tipe baru itu akan mulai dipakai di seri Philip Island (Australia) dan Valencia (Spanyol) mendatang dan tentu seterusnya pada musim 2015. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Jelang Silverstone Inggris: Rossi Tidak Muda Lagi, Tapi Kaya Pengalaman

MotoGP 2014: Ducati Telat Meluncur, Gigi Siap Ambil Risiko

MotoGP 2014 Test Brno Ceko: Yamaha M1 2015 Lebih Kencang, Tapi….!

MotoGP 2014 Test Brno Ceko: Pakai RCV Versi 2015 Marquez Sikat Rekor Brno, Masih Cerita Kalah

 

BAGIKAN