nhk

MotoGP 2014 Test Philip Island: Rider Moto2 Intip Ilmu Rossi, Ramaikan Testing

 

ManiakMotor – Daya tarik tes khusus soal ban pada 3-5 Maret di Philip Island, Australia diucap Oztrali, tak cuma teletak pada Valentino Rossi sang dewa MotoGP. Tak kalah menarik hadirnya empat pentolan Moto2 di lokasi dan waktu yang sama.

Bridgestone dengan para pembalap papan atas MotoGP, kecuali Marc Marquez, akan coba dan menentukan racikan kompon yang kuat, tahan 27 lap atau 120 km.  Jarak itu rata-rata ketentuan jumlah jarak dipakai MotoGP setiap lomba. Getah karet yang tumbuh dari mana untuk ramuan ban yang pas di GP Australia kelak? Nah itu urusan pembuat ban.

Tak mau kalah, Dunlop sebagai tyre official Moto2 merasa perlu juga melakukan tes. Alasannya sama, cari komposisi karet item mereka. Tahun lalu, jumlah lap Moto2 juga dikurangi, lantaran lintasan Philip Island dilapisi aspal baru. Aspal tersebut pori-porinya kelawat rakus menggerus ban.

Ada empat anak Moto2 yang ikutan tes. Biar adil diambil dari dua tim yang pakai dua sasis berbeda, yakni pengguna Kalex dan Suter. Maklum brosist, kalau mesin kan semuanya pakai punya Honda. Keempatnya dari tim papan atas.  Yang terpilih adalah rider Marc VDS Racing, Mika Kallio dan Tito Rabat, yang usung sasis Kalex.

Dari kubu Suter datang Nico Terol dan Jordi Torres yang gabung di tim Aspar Mapfre. Buat keempatnya dan komunitas MotoGP, ini sekaligus intip-intip kemampuan Rossi di atas M1 spek 2014. M1 ini memang bikin geger di Sepang 1 bisa melapis RCV Marc Marquez di Sepang 2 hanya bisa disamakan Dani Pedrosa. Udah seimbang? Ya, lihat lagi di Philip Island mulai besok.

Usai tes, Rossi cs langsung pulang ke rumah ortu masing-masing. Libur lagi deh, karena mereka tak ikut tes terakhir di Losail, Sepang, pekan depan. Sedangkan buat gerombolan Moto2, tes terakhir dihelat di Sirkuit Jerez, Spanyol, 11-13 Maret. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014; Dua Kali Test, Aleix Konstan 5 Besar, Rossi Waspada!

MotoGP 2014 Jelang Tes Philip Island (Asutralia): Buktikan Rossi – Pedrosa! Lorenzo Diuji

MotoGP 2014; Pedrosa Muncul Di Jakarta, Dukung Pembalap Astra Honda Racing Team

MotoGP 2014: Cal Ikhlas Ducati Turun Pamor ke Open Class

MotoGP 2014 Tes Sepang2: Lorenzo Nyerah di Sepang, Kembali Persoalkan ban

 

 

 

 

BAGIKAN