nhk

MotoGP 2014: Test Pneumatic Di Valencia, Aprilia Kembangkan SSG, Saingi Merek Jepang

ManiakMotor – Ducati versus Aprilia jadi perhatian tersendiri saat tes MotoGP di Valencia. Maklum, keduanya tim pabrikan Italia yang berita-cita menyaingi pabrikan Jepang.

Kiprah awal Apriia belum bikin kejutan berarti. Alvaro Bautista dengan tunggangan 2015 masih kalah 1,8 detik dari pembalap tercepat. Sementara Marco Melandri yang baru saja main lagi MotoGP tertinggal 3,4 derik. Sayangnya, kehadiran Aprilia tak bisa dikomparasi langsung dengan Ducati. Ducati belum meluncurkan spek 2015-nya secara utuh di Valencia. Mereka merencanakan debut Desmosedici GP15 pada tes Sepang pada Februari 2015. Itu sebabnya Andrea Dovisiozo hanya ikut test hari pertama dengan Desmosedici 14,2.

Meski begitu Ducati harus perhitungkan Aprilia, selain Suzuki. Khususnya Aprilia karena sesama pabrikan Italia. Dari segi semangat dan kpercayaan diri, Aprilia juga tak kalah kinclong. Mesin mereka menjai  kelas CRT 2013 yang melambungkan nama Aleix Espargaro. Pekan lalu, Aprilia pun jagoan WSBK berkat sukses Sylvain Guintoli menjadi juara dunia 2014.

“Kami puas dengan hasil test dan akan terus berkembang. Pad musim 2016 baru akan dikeluarkan Aprilia yang benar-benar baru pada  semua aspek. Musm 2015 sepenuhnya riset dan pengembangan sembari menjajal tim lain,” ujar pakbos Apilia Romano Albesiano.

Saat tes lalu, lanjutnya, motor mereka sudah dilengkapi pneumatic valve sebagai tahap awal. Hasilnya buka tutup klep bertekanan udara itu, belum sesuai harapan. Targetnya adalah memaksimalkan kinerja teknologi itu saat tes Sepang sekaligus dengan sasis baru. “Berikutnya kami kembangkan seamless shift gearbox (SSG). Rencananya pertengahan tahun 2015,” lanjut Romano.

Aprilia rupanya serius membangun teknologi balapnya. Tentu ujungnya  rivalitas musim-musim ke depan makin hiruk pikuk, khususnya persaingan awal dengan Ducati selaku pengusung bendra Italia. Dengan manajemen tim yang digawangi Fausto Gresini, layaklah berharap Aprilia akan bikin kompetisi berbeda musim depan. Tapi entah kapan cita-cita Italalia mengakahkan Jepang? Masih lama kaleee.  Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Test Pramusim Valencia: Aleix Masih Atur-Atur Ergonomik Suzuki GSX-RR, Tapi Bisa Cepat

Test MotoGP Pramusim Valencia 2014: Front End Sasis RCV 2015 Marquez Oke, Engine Brake Kurang

Test Pramusim Valencia 2014: Lorenzo Ke Indonesia, Rossi Lengan Ayun Dan Rangka Baru

MotoGP Test Pramusim 2015 Valencia: RC213V 2015 Marquez Tercepat, Waspadai Aleix Pakai Suzuki

BAGIKAN