nhk

MotoGP 2014 Test Pramusim Valencia: Aleix Masih Atur-Atur Ergonomik Suzuki GSX-RR, Tapi Bisa Cepat

 

ManiakMotor – Persis analisa portal ini soal pengenalan pertama Aleix Espargaro pada Suzuki GSX-RR. Ditulisan itu sebelum ada komentar dari Aleix, portal ini bilang dia seperti naik motor pinjaman saat testing pramusim di Valencia 10 – 12 November kemarin. Namanya motor pinjaman, belum tentu pas ergonomik postur Aleix dengan GSX-RR.

Aleix baru pada testing itu merasakan GSX-RR. Berhubung itu motor memang oke, Aleix hanya ketinggalan sikit dari tercepat sesi dipegang Honda RC213V Marc Marquez. Kendati posisi tubuhnya belum menyatu. “Benar itu, saya masih atur-atur posisi tubuh pada hari pertama. Posisi ini akan dikembangkan sesuai menyatunya saya dengan motor. Berhubung motor ini oke, saya hanya selisih sedikit dengan mereka yang cepat,” jelas Aleix.

Disebut atur-atur posisi itu adalah setang dan tangan dicari yang paling ideal. Pantat juga disetel yang paling sesuai untuk gerak maju, mundur dan menyamping kiri-kakan pada jok. Juga letak kaki yang enak dari pijakan kaki untuk gerak buka-buka paha menikung dan mengapit motor di trek lurus. Pendeknya itu istilah dari ergonomic.

Aleix yang masih 25 tahun itu sudah 1’31.973 pada lap ke-34-nya dari total 41 lap pada hari Rabu 12 November di Valencia atau hari terakhir. Kata MotoGP.Com catatan itu sama dengan mencukur 0.3 detik dari time hari pertama Aleix. Cukurannya memang belum sampai botak, pak.  Tapi potensinya untuk menggunduli musuh di masa depan memang terbuka. Semoga deh…

Coba dengar baik-baik omongan Alieix usai doski testing di hari terakhir. Katanya, dia sudah coba GSX-RR sampai limit. “Saya menemukan frame  (rangka) yang apik dalam mendistribusi bobot dan menerima akselerasi,” jelas Aleix yang tak henti-hentinya memuji Suzuki. Maklumlah, bayangan awalnya motor ini akan butuh waktu lama masuk ke 10 besar soal cepat-cepatan. Tapi buktinya sudah mencapainya, menjanjikan.

Masih katanya soal digeber sampai limit itu juga menghasilkan masukan data pada elektronik. Langkah besar itu diikuti membaiknya kontrol traksi dan engine brake. “Saya optimis karena catatan waktu tipis dengan musuh-musuh besar di MotoGP. Tinggal mengembangkan lebih lanjut ke depan,” jelas Aleix yang di hari pertama bilang dari semua bagian Suzuki sudah mantap, hanya perlu tambah  power untuk ke depan.

Diiyaka, Manajer Tim Suzuki MotoGP, Davide Brivio. Bahwa pasukannya harus segera membenahi performa mesin sesuai masukkan pembalapnya.  “Senang deh dengan hasil test ini. Kami banyak terima masukan dan komentar dari kedua pembalap, terutama Aleix dengan pengalamannya di MotoGP. Yang krusial ke depan memperbaiki performa mesin. Sementara Maverick (Vinales) masih baru di MotoGP. Buat dia yang penting  berusaha menghindari risiko,” pungkas Brivio yang senyum melulu di testing ini.

Ya wajib senyum, tak menyangka akan masuk 10 besar kan? Ito

BACA JUGA

Test MotoGP Pramusim Valencia 2014: Front End Sasis RCV 2015 Marquez Oke, Engine Brake Kurang

Test Pramusim Valencia 2014: Lorenzo Ke Indonesia, Rossi Lengan Ayun Dan Rangka Baru

MotoGP Test Pramusim 2015 Valencia: RC213V 2015 Marquez Tercepat, Waspadai Aleix Pakai Suzuki

MotoGP 2014 Test Pramusim Valencia: Sementara Suzuki Ke Papan Atas, Selisih 0.7 Detik Dari Tercepat

 

 

BAGIKAN