nhk

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Espargaro Bersaudara Baku Pukul, Aleix Barusan Melejit

ManiakMotor – Nggak ada cerita soal Marc Marquez di Sepang2, 26-28 Februari. Marquez cidera kaki saat main dirt track membuatnya absen. Jadi, rivalitas Valentino Rossi dengan Jorge Lorenzo pun sudah biasa. Macam mana kalau abang-adik Aleix Espargaro beradu dengan Pol Espargaro?

Aleix jadi buah bibir di Sepang1 karena tampil kompetitif meski bermain di Open Class (OC) dengan Yamaha FTR. Paling terpukul dan boleh malu adalah rombongan tim satelit Monster Yamaha Tech3 yang digawangi Bradley Smith dan Pol. Aneh di mata dunia jika YZR-M1 spek pabrikan milik Tech3 bisa dirontokkan Aleix di Sepang2 ini.

Untuk sementara atau pukul 16;27 di Sepang 26 Februari atau hari pertama testing, Aleix tiba-tiba ke satu. Padahal sejak pagi sampai usai makan siang, ia baru melahap 15 lap dan melorot jauh. Tapi lap ke-18 sore ini dia meliuk-meliuk sendirian hingga ke-1. Disebut sendirian, karena testing balapan sendiri-sendiri. Itu sementara. Tadi pagi, Aleix masih kalah dari Pol.  

Pol ini pembalap harapan Yamaha masa depan. Meski dii Tech3, juara dunia Moto2 2013 ini punya kontrak eksklusif langsung dengan factory atau pabrikan. Ia juga dibekali M1 yang sama dengan milik duet Rossi – Lorenzo meski belum jelas apakah pacuan Pol sudah dibekali SSG atau tidak.

Pol sendiri bilang saat ini tak terlalu girbok yang bikin reduksi pindah gigi jadi rata. Yang ia butuhkan  proses adaptasi dengan pacuan MotoGP. Upayanya adalah mengubah riding style di atas sadel M1 “Sikut saya acap bergesekan dengan aspal saat rebah. Saya mencermati gaya Jorge (Lorenzo) di tikungan dan saya pikir cara itulah yang terbaik dengan M1,”  ujar Pol yang setiap kali lomba ‘diajari’ abangnya dengan antusias.

Sesi pembuka Sepang2, Pol bisa tempur di papan atas. Enam lap awal, doski tarik-tarikan ketat dengan si Abang. Ia langsung berada urutan 4 di bawah Rossi, Andrea Iannone (Pramac Ducati), dan Aleix. Jelang rehat siang, Pol sempat ke-3 di bawah Rossi dan Alvaro Bautista (Gresini Honda). Meski belakangan digusur Lorenzo. Saat sama Aleix terpuruk ke-12. Tapi bangkit di sore ini dan Pol malah ke-7.

Beda mental memang. Pol terbebani soal nama besar Yamaha, sedang Aleix mentalnya biasa saja yang bikin mainnya lepas. Lha wong cuma open class kan. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang 2, Malaysia 26 – 28 Februari 2014

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Sesi Ditutup, Bautista Wangi, Duo Espargaro Menguntit, Rossi Ke-7

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Bautista Mulai Wangi, Sodok Rossi (Sementara), SSG Di M1 Tech3

MotoGP 2014 Test Sepang2; Sesi Baru Dibuka Rossi Sudah Buka Gas, Aleix Lawannya

MotoGP 2014; Burgess Bilang, Anak Usia 10 Pasang Poster Marquez, Penggemar Rossi Stagnan

MotoGP 2014 Tes Sepang 2; Bos Honda Bicara Status Ducati

 

BAGIKAN