nhk

MotoGP 2014 Test Sepang 2: M1 Yamaha Tech3 Pakai SSG, Wah Dapat Juga2???

 

ManiakMotor – Hmm, akhirnya pihak Tech3 bereaksi. Padahal baru kemarin disentil maniakmotor.com soal seamless shift gearbox alias SSG. Pastinya mereka tak ingin dipukuli lagi oleh Yamaha FTR yang main di Open Class (OC).

Herve Poncharal yang  team owner Tech3 bilang masih yakin Yamaha akan memberikan teknologi terbaiknya, termasuk SSG. Sejak pertengahan tahun lalu pacuan Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi dibekali SSG dan bikin JL lebih mampu beri perlawanan buat Honda. Dia juga lebih percaya diri di sirkuit yang kebanyakan mengumpan ke gigi rendah.

Tentu saja Tech3 yang jadi tim satelit Yamaha pun kepincut dengan teknologi serupa. Apalagi di tim itu ada ‘anak’ bibit Yamaha Factory Racing, yakni Pol Espargaro. SSG yang membuat percepatan dari gigi ke gigi tanpa jeda yang bikin laju motor rata walau terjadi oper gigi. Enak memang, makanya ‘ditangisi’ Poncharal, hehe. 

“Saya paham semua teknologi terbaik diprioritaskan buat tim pabrikan. Sampai saat ini saya yakin akan diberi seamless gearbox oleh Yamaha. Memang belum ada kata 100% dari mereka, tapi harapannya tinggi Tech3 bisa pakai seamless di tes lanjutan Sepang kedua. Kalaupun tidak di sana, mungkin tahun ini kami enggunakannya,” papar Poncharal yang dari ceritanya tekandung kalimat memelas. 

Memasuki tes Sepang2 pada 26-28 Februari nanti memang perlu buat Tech3 untuk membekali M1-nya dengan SSG. Pasalnya, duet Bradley Smith dan Pol dipermak habis oleh Aleix Espargaro di semua sesi Sepang1. Paahal, dalam teori balap dan ilmu kira-kiranya, seharusnya mereka tak bisa kalah dari M1 KW3 di Open Class tersebut. Kan kelas ini hanya pengganti CRT. 

Smith dan Pol sebenarnya punya kemajuan dalam tes pertama seperti pengakuan Poncharal. Pol sebagai anak baru pun cukup progresif dan tak mempedulikan motornya pakai SSG atau tidak. Tapi, kalau digebuki oleh kakaknya, yah pastinya malu dong. Sayangnya, Smith dan Pol tak punya akses untuk minta SSG ke pihak Yamaha. Harus lewat Poncharal. 

Nah, mungkin itu sebab Poncharal beri harapan soal SSG di Sepang2 beberapa hari lagi. Benarkah terwujud? Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Suzuki Ogah Open Class, Pake Barang Baru di Tes Sepang2

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang 2: Sesama Joki M1, Rossi vs Lorenzo, Tanpa Marquez

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang 2; Rossi Cs, Tetap Membidik Marquez Walau Tak Hadir

MotoGP 2014: Jadi Atlet Muda Terbaik, Marquez Bersaing Dengan Pembalap Sepeda

Asia Talent Cup 2014; Tiga Pembalap Indonesia Coba Honda NSF250R Di Aragon, Jenjang MotoGP

 

 

BAGIKAN