nhk

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Rossi Dan Lorenzo Keluhkan Lintasan, Ban Tak Dapat Grip

 

ManiakMotor – Seperti Dani Pedrosa, duet Yamaha Factory Racing (YFR), Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo pun mengeluh soal hasil Sepang 2, Rabu (26/2). Maklum coy, sama-sama terpuruk. Keduanya komplain soal kondisi sirkuit Sepang yang licin, karena Minggu kemarin dipakai balap mobil.

Rossi dan Lorenzo tak bisa menambah gas lebih dalam, lantaran ban tak dapat grip yang lebih bagus pada lintasan yang kotor. Mungkin beda kompon ban mobil dan motor, nggak bisa senyawa bekas-bekasnya di tikungan. Itu sebabnya progres waktu sulit dicapai. Rossi hanya muncul di sesi pagi dan usai makan siang, abis itu sesuai hasil yang telah diupload. “Masih banyak tetesan oli di lintasan, licin,” tukas Rossi dalam rilis YFR.

Untungnya, Lorenzo tak menimpali, “Bocor…bocor…!” seperti bunyi iklan yang nakal itu hehehe. Mereka tak sebut apakah itu alasannya sehingga kalah waktu dari Aleix Espargaro dan Pol Espargaro, sesama pengguna YZR M1. Bedanya dua kakak-beradik itu, pakai M1 kw

Soal ban belakang tipe baru yang dipasok Bridgestone, juga dikeluhkan. “Benar-benar jadi masalah, baik yang kompon lunak maupun keras. Saya sulit masuk tikungan, selagi berada di dalam tikungan, maupun saat berakselerasi, gejalanya nggak enak,” kritik Lorenzo yang tahun lalu juga banyak mengeluhkan kualitas ban belakang.

Hal sama dengan The Doctor. Ia juga kesulitan dapatkan grip mumpuni pakai ban spek 2014. Ia tak bisa melaju di belokan seperti tes Sepang 1. “Waktu itu saya pakai ban spek 2013. Rasanya lebih mantap dari yang buatan 2014 ini,” tukasnya yang ceritanya malah melebar ke ban. Mungkin maksudnya, saat kondisi sirkuit tak semulus sebelumnya, ban jadi ampun-ampunan.

Sebagai pembalap profesional, JL dan VR46 sadar situasinya tak bakal berubah dengan hanya mengeluh. Mereka harus temukan cara dengan variasi setingan sesuai kondisi Sepang. Pokoknya jangan sampai dipermak para pembalap satelit dan Open Class. “Kami harus kerja keras cari solusi  mengatasinya. Semoga besok lebih baik,” harap JL.

Dan, dalam hatinya, VR46 pasti bilang: Amin! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Sulit Tidur, Alasan Pedrosa Tampil ‘Buyuk’

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Sesi Ditutup, Bautista Wangi, Duo Espargaro Menguntit, Rossi Ke-7

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Espargaro Bersaudara Baku Pukul, Aleix Barusan Melejit

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Bautista Mulai Wangi, Sodok Rossi (Sementara), SSG Di M1 Tech3

 

BAGIKAN