nhk

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Yamaha M1 Tech3 Sudah SSG, Langsung Ngacir

ManiakMotor – Tim satelit Monster Yamaha Tech 3 sudah membuka kotak kiriman dari Yamaha Racing. Setelah kotaknya dibuka isinya seamless shift gearbox (SSG). M1 milik Pol Espargaro pun langsung ngacirrrr. Ya, buktinya bisa ketiga di saat sama pembalap pabrikan mengeluhkan kondisi lintasan. 

Kabar soal SSG itu disampaikan Bradley Smith. Tahun lalu anak Inggris ini cuma bisa ‘ngiler’ lihat peranti canggih itu hanya ada di M1 Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. “Ini hari pertama kami gunakan SSG. Terima kasih buat Yamaha yang sudah berbaik hati. Peranti  ini sangat bermanfaat. Meski begitu, saya masih harus mengembangkan kecepatan dengan pembenahan sektor elektronik dan ban,” ujar Smith yang finish hari pertama pada urutan 9.

Beda dengan rekan setimnya, Pol Espargaro. Ia memanfaatkan untungnya SSG. Kan kelebihannya soal reduksi yang mulus, halus dan rata walau pindah-pindah gigi, tidak tersentak-sentak seperti versi standar. Awal-awal ributnya SSG, disebut seperti motor matik. Pindah-pindah gigi, gas tidak perlu ditutup. Keluar tikungan tak banyak koreksi gejala motor angkat roda depan. Pol lebih  yang yakin betot gas. Dari kecepatan tinggi untuk masuk tikungan, deselerasinya juga halus.  Kira-kira seperti itu SSG, girboks tanpa jeda.

Pol yang si rookie juara Moto2 2013 itu bisa masuk 3 besar bersama Alvaro Bautista dan abangnya sendiri, Aleix Espargaro. Cuma selisih 0,151 detik dari Bautista dan memepet abangnya 0,099 detik. Luar biasa, untuk seorang pemula! “Girboks baru ini meyakinkan. Power halus pada semua perpindahan gigi, nyaman di tikungan, dan keluar tikungan yakin. Pokoknya hari ini mantap deh,” ungkap Pol yang nggak ngomong ‘deh’.

Tapi, jangan lupa, masih ada hari kedua dan ketiga lho! Biarpun cuma tes, Rossi dan Lorenzo tak mau dipermalukan lagi. Buat Pol, ayo lawan terus abangmu. Andro

 

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang 2, Malaysia 26 – 28 Februari 2014

MotoGP 2014 Tes Sepang 2: Kalahkan Rossi dan Lorenzo, Bautista Punya Rahasia

MotoGP 2014 Test Sepang 2: M1 Yamaha Tech3 Pakai SSG, Wah Dapat Juga2???

MotoGP 2014 Tes Sepang2: Honda Tak Khawatirkan Marquez, Stoner Tak Jadi Cadangan

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Rossi Dan Lorenzo Keluhkan Lintasan, Ban Tak Dapat Grip

MotoGP 2014 Test Sepang 2: Sulit Tidur, Alasan Pedrosa Tampil ‘Buyuk’

 

 

BAGIKAN