nhk

MotoGP 2014 Test Sepang; BBM Dicekek, Gantinya Teknologi Ban, Di Bawah 2 Menit

ManiakMotor – Logikanya dengan aturan bahan bakar tim pabrikan di MotoGP dikurangi 1 liter dari sebelumnya, seharusnya power motor berkurang. Bicara tenaga epeknya pada kecepatan. Tetapi, justru melejit di bawah 2 menit di test resmi pramusim MotoGP 2014 di Sepang, Malaysia yang berlangsung 4 – 6 Februari 2014.

Mungkin – ini hanya mungkin – bila Marc Marquez sendiri yang mencetak di bawah 2 menit seperti dilakukannya hari ke-2 test, sudah lumrah. Marquez kian mengenal karakter RC213V dalam setahun masa belajar. Ya, belajar sambil juara dunia. Tetapi hari ini atau Kamis 6 Februari, sementara sudah ada empat pembalap yang bisa tembus di bawah 2 menit. Catatan itu belum pernah terjadi sejak era 4-Tak MotoGP dilaksanakan di Malaysia dilakukan empat pembalap sekaligus.

Kecuali Aleix Espargaro yang menunggang Yamaha FTR dari Open Class yang harus ‘disingkirkan’ dari bincang-bincang ini. Aleix membawa motor dengan regulasi non pabrikan yang bahan bakarnya lebih banyak empat liter dari pabrikan. Mmekaniknya bisa berkreasi pada borosnya bahan bakar untuk mengejar ketertinggalan teknologi. Ia juga dipasok ban khusus untuk mengeleminir kesenjangan teknologi dengan pabrikan.

Dari omongan para pembalap pabrik saat test di Sepang ini mereka sering cerita ban. Bahkan kata Marquez di hari pertama ia merasa ban yang diproduksi Bridgestone tipe terbaru tersebut biasa-biasa saja. Namun, hari kedua dengan ban yang sama ia cetak  di bawah 2 menit. “Sama dengan saya, hari kedua pun masih membandingkan ban baru tersebut dengan yang lama,” jelas Valentino Rossi saat berita ini diketik menempel catatan Marquez yang sama-sama di bawah 2 menit, silakan lihat hasil.

Sedikit banyak bisa saja dipengaruhi karet item. Seperti diceritakan Shinji Aoki, Manager, Bridgestone Motorsport Tire Development Department. Katanya ban terbaru mereka sudah merupakan karet pamungkas 2014. Semua unsur teknologi soal ban ada di tipe terbaru yang wajib diuji semua kotenstan MotoGP. “Ini pengembangan dan mereka sendiri (pembalap) yang menggunakannya. Terutama konstruksi baru pada kompon keras belakang. Walau hard, ia punya kontur permukaan asimetrisnya lebih liuas berkontak dengan aspal,” jelas Shinji.

Maksudnya lebih grip, namun diklaim antara power dan tekanan pada ban saling menopang. Kan biasanya, bila ban terlalu lengket juga akan mengorbankan tenaga, bro. Di ban terbaru ini antara daya tahan dan cengkraman iramanya sama, “Sepang dipilih untuk test awal lantaran cuacanya yang ekstrim, panas. Karateristik ban Bridgestone yang ada sekarang, sudah sesuai dengan perkembangan teknologi MotoGP,” pungkas Shinji.

Nah itu baru ban. Ito

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014 Test Sepang: Kejutan Lagi Dari Aleix Di Bawah 2 Menit, Hari Terakhir

MotoGP 2014 Test Sepang: Desmosedici GP14 Pol-Polan, Dovi dan Crutchlow Mulai Pede

MotoGP 2014 (Tes Sepang): Janji Rossi Di Bawah 2 Menit, Umur Tak Masalah

 

 

BAGIKAN