nhk

MotoGP 2014 Test Sepang Ditutup: Marquez Tetap Kuat, Rossi Menempel Di Bawah 2 Menit

 

 

ManiakMotor – Geber adu cepat di pagi hari tak lagi berlangsung di sesi sore tes Sepang, Kamis (6/2) yang baru usai. Semuanya coba pacuan masing-masing bersimulasi lomba untuk menakar daya tahan mesin, ban, dan konsumsi bahan bakar sebagai regulasi baru.

Fastest time bukan lagi jadi target setelah para pembalap mendapatkan catatan waktu maksimal masing-masing. Jorge Lorenzo, misalnya, yang langsung gaspol di lap 2 dengan bermain di bawah dua menit atau 1:59,866. Ia tak lagi bernafsu meningkatkan speed?

Begitu pun Valentino Rossi yang senyum terus setiap ia ke paddock. Maklumlah ia bikin 1:59,727 di lap ke-11. Catatan itu menempel Marc Marquez yang mencetak 1:59,533. Marquez juga mendapati catatan tersebut di lap ke-11 dari 40 lap yang ia lakukan. Itu sekaligus dalam tiga hari Marquez tidak terkalahkan dalam catatan waktu.

Kemarin Marquez bikin gempar dengan bikin rekor baru Sepang di bawah dua menit, kini ada 4 rider yang mampu lakukan hal sama. Selain tiga nama tersebut di atas, Aleix Espargaro menjadi pembalap keempat bermain di waktu tersebut. Luar biasa bocah Spanyol ini dengan pacuan Yamaha FTR yang ikut regulasi Open Class. Kalau dua hari sebelumnya ia tekuk Lorenzo, kini Dani Pedrosa dan Stefan Bradl yang ia kebiri dengan mengirim pembalap Honda itu ke urutan lima dan enam. Inilah tanda-tanda pacuan OC memang bisa ngelawan pabrikan dan tim satelit.

Seperti yang lain, Aleix pun tak lagi ngotot kejar setoran waktu setelah puas 1:59,998 di lap ke-7. Ia fokus simulasi balap sebanyak putaran yang bisa ia tempuh. Minimal 20 lap seperti jatah GP Malaysia saat menggelar balapan. “Saya ingin coba pacuan seolah dalam balapan sesungguhnya. Selain lebih menyatukan gaya balap dengan motor, kami juga ingin mengukur pengaruh ban dan mesin dalam durasi panjang,” kata Aleix.

“Penting melakukan simulasi, terlebih untuk mengetahui  daya tahan ban dan konsumsi bahan bakar,” papar Rossi dengan senyumnya. Rossi dan Marquez memang telah diprediksi portal ini akan melejit di testing pertama Sepang. Alasannya ada di tulisan sebelumnya, pak. Makanya rajin-rajin klik, hehehe.

Bagaimana evaluasi mereka belum terbaca dan belum dibahas. Semuanya masik sibuk salam-salaman, karena ini saatnya satu sama lain berpisah dan bertemu lagi dalam tes berikutnya 26-28 Februari nanti di tempat sama. Tapi, percayalah, sebentar lagi mereka akan omong. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014 Test Sepang; BBM Dicekek, Gantinya Teknologi Ban, Di Bawah 2 Menit

MotoGP 2014 Test Sepang: Kejutan Lagi Dari Aleix Di Bawah 2 Menit, Hari Terakhir

MotoGP 2014 Test Sepang: Desmosedici GP14 Pol-Polan, Dovi dan Crutchlow Mulai Pede

 

BAGIKAN