nhk

MotoGP 2014 Test Sepang; Keluhan Hayden Pada RCV1000R, Masih Jauh Pak!

ManiakMotor – Walau lebih baik dari hari pertama dan kedua testing di sirkuit Sepang, 4 – 6 Februari, Nicky Hayden tetap saja berkeluh kesah. Rada vokal sih, setelah hari ketiga dengan usaha super keras tetap saja hanya ke-13. Jauh dari lawannya sesama pemain Open Class beda merek, Aleix Espargaro yang bisa di bawah 2 menit dan ke-4.

Hayden yang memperkuat Drive M7 Aspar hanya sanggup 2:1.514 dengan Honda RCV1000R atau terpaut 1 detik lebih dari Aleix. “Tidak banyak yang bisa dilakukan soal kecepatan. Saya sudah mengikuti pembalap lain, tapi terlalu jauh kesenjangan motor ini,” jelas pembalap Amrik tersebut yang lebih memilih Open Classs ketimbang penawaran dari Ducati bermain di WSBK.

Dari omongan Hayden mengikuti pembalap lain, ia berusaha curi angin  mengikuti line dan sebagainya untuk mensetarakan i motornya. Namun tak dapat-dapat alias tetap ketinggalan yang membuatnya frustrasi. Mungkin saja pernah membututi Aleix yang menunggang Yamaha FTR pakai bekas mesin M1 2012 dan sasis sesuai nama motornya, FTR. FTR sebelumnya lebih kedengaran di Moto2. 

Menurut Hayden, RCV1000R jauh berbeda dengan motor yang selama ini ia gunakan, ya pasti Ducati. Ia masih agak riskan dengan sistem pengereman RCV, juga ragu-ragu masuk ke sudut tikungan yang ia mau, termasuk di dalamnya soal cabut-cabut motornya. “Ke depan masih banyak yang perlu dipahami pada motor ini dan masih banyak juga yang akan dikembangkan,” tegas Hayden pada RCV yang memakai ECU Magneti Marelli sesuai aturan Open Class tersebut.

RCV10000R saat pertama kali diperkenalkan ada perbedaan mencolok pada sistem katupnya. Ia masih menggunakan per untuk menekan balik klep. Naik turun klep yang di atas 15.000 rpm tersebut masih tertumpu pada pegas. Bandingkan saja dengan yang lain sudah pakai pneumatic atau gerakkan klep membalik menggunakan tekanan gas yang nggak ngaruh pada suhu dan putaran tinggi.

Ya kira-kira seperti itu dah. Ito  

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014 Test Sepang; Pol Espargaro, Perlu Belajar Pol-Polan Dari Rossi

MotoGP 2014 Test Sepang; Rossi Puji Aleix Espargaro, Juga Khawatir..?

MotoGP 2014; Marquez Maju Pesat, Sasis RCV214 Bisa Kejar M1 Di Tikungan Cepat

MotoGP 2014 Test Sepang: Saat Simulasi Pun RC213V Marquez Mantap

 

BAGIKAN