nhk

MotoGP 2014 Test Sepang; Pol Espargaro, Perlu Belajar Pol-Polan Dari Rossi

ManiakMotor – Pol Espargaro si adik kandung dari Aleix Espargaro ini, kini keduanya sudah sama-sama bermain di premier class. Walau kelasnya beda, ia harus mengakui abangnya yang di strata kelas para raja hanya kasta ke-3. Paling tidak itu terjadi dalam tiga hari test Sepang pertama dari 4 – 6 Februari 2014.

Ia juga belum bisa melampui teman setimnya di Yamaha Tech3, Bradley Smith yang ia incar sebagai patokan. Pol digadang-gadang tak mau kalah dengan debut Marc Marquez di MotoGP seperti tahun lalu yang langsung pecicilan. Sayang, meski Pol ‘tanggungan’ Yamaha Factory Racing, namun motor belum diistimewakan alias masih status motor satelit.    

Hari terakhir, Pol di atas Smith atau ke-8, namun catatannya masih kalah dari kombinasi tiga hari uji coba dari Smith. Pol ke-9 dengan 2:0.665 dan Smith 2:0.603. Catatan Smith didapatnya pada hari kedua. “Test ini memuaskan. Paling utama tidak terjadi kecelakaan, itu tidak mudah sebagai ‘pemula’ di kelas ini. Apalagi saya sempat melakukan beberapa kesalahan,” jelas Pol yang juara dunia Moto2 tahun lalu dan selalu jadi bimbingan sang abang.

Ia mengaku mesti belajar banyak dari para seniornya tetang motor MotoGP yang di sana-sini dipasangi infus, hehe. Maksudnya perangkat elektronik, jack. “Adaptasi harus sering naik motor untuk mendalami elektronik, kontrol traksi dan motor tidak terangkat-angkat roda depannya. Juga belajar menikung cepat seperti Kak Jorge (Lorenzo) dan Kak Rossi,” katanya kecikikan. Lho nggak beljar dari bangnya saja.

Kolo dari omongannya ia masih kelsulitan menghendling M1 kw2 lantaran ori-nya digunakan Lorenzo dan Rossi. Dampak lebih jauhnya ia belum bisa memanajemen ban setelah simulasi di banyak lap. Ia terkendala memerlakukan motor di saat ban menipis komponnya.

“Maka kami akan terus bekerja keras untuk itu, pada test kedua nanti, saya akan meninggalkan Sepang dengan hasil yang lebih baik,” janji si Pol yang tidak sabar melakukan test kedua yang masih di Sepang pada 26-28 Februari 2014 yang akan datang.

Ingin mengalahkan kakaknya. Adit

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014; Usai Test Sepang Bradl Fokus Rem, Tapi Ngalahin Pedrosa

MotoGP 2014 Test Sepang; Keluhan Hayden Pada RCV1000R, Masih Jauh Pak!

MotoGP 2014 Test Sepang; Rossi Puji Aleix Espargaro, Juga Khawatir..?

MotoGP 2014; Marquez Maju Pesat, Sasis RCV214 Bisa Kejar M1 Di Tikungan Cepat

BAGIKAN