nhk

MotoGP 2014 Test Sepang: Rossi Sumringah M1-nya Cocok, Lorenzo Mau Balas di Tes Berikutnya

 

ManiakMotor – Secara umum para petinggi Yamaha Factory Racing menilai tiga hari tes Sepang, Malaysia 4-6 Februari 2014 berjalan memuaskan. Begitu pun Valentino Rossi yang selalu sumringah, tanda yang ia cita-citakan mulai kenyataan. Macam mana dengan Jorge Lorenzo?

Hari ini atau Kamis 6 Februari di sesi penutup latihan pramusim,  kubu YFR bolehlah lega lantaran Lorenzo tak lagi dipukuli Aleix Espargaro si pemacu M1 versi 2012 sebagaimana dua hari pertama. Hari ketiga gantian JL yang memukul meski hanya dengan selisih 0,132 detik. Tipis memang, setipis kekalahan JL terhadap Rossi yang 0,139 detik. Begitu pun  Rossi terhadap Marc Marquez yang tertinggal tipis 0,194 detik.

Dalam empat tahun terakhir, inilah penampilan terbaik The Doctor dalam sebuah sesi tes. Khusus di Sepang, ini rekor pribadi melaju di bawah dua menit dan secara terus-menerus bisa menempel waktu MM alias konsisten.

“Di urutan dua dengan selisih seperseribu detik dari Marc adalah hal yang sangat baik. Motor ini sudah cocok dengan gayaku. Pada sesi sore saya lakukan simulasi dengan hasil memuaskan meski menghadapi beberapa problem. Terpenting kami sudah pahami problem itu dan tahu jalan keluarnya,” ujar Rossi yang dalam tiga hari berturut berada di atas Lorenzo.

Sedikit beda dengan JL, walau speed-nya melonjak drastis dari dua hari sebelumnya. Baru lap ke-2 ia sudah cetak waktu terbaik di bawah dua menit. Saat itu ia gunakan ban belakang berkompon keras yang memang sedang dijagokan Bridgestone. “Jika pakai ban lebih lunak mungkin saya bisa bikin waktu 1:59,5 atau koma enam. Tapi, tujuan tes ini bukanlah semata cetak waktu terbaik dalam satu lap, tapi untuk meningkatkan pace saat balapan,” alasan juara dunia 2010 dan 2012 ini.

Apesnya, saat melakoni simulasi balapan 20 laps di tengah terik Sepang yang menyengat, JL justru berhadapan dengan banyak masalah. Doski pun penasaran dan cari alasan kalau Sepang memang bukan trek yang secara tradisi milik Yamaha. “Tapi, tunggu saja dan lihat apa yang akan terjadi pada tes berikutnya di sini dan di sirkuit berbeda,” ancam JL seolah tak terima hasil tes perdana ini yang baru pada hari ketiga mampu masuk tiga besar.

Pendeknya, apakah target Rossi yang selalu berpatokan pada Lorenzo berhasil kali in? Tunggu selanjutnya. Ya tunggu ulasannya, brosist. Andro

BACA JUGA

Hasil MotoGP 2014 Test Sepang, Malaysia 4 – 6 Februari 2014

MotoGP 2014 Test Sepang Ditutup: Marquez Tetap Kuat, Rossi Menempel Di Bawah 2 Menit

MotoGP 2014 Test Sepang; BBM Dicekek, Gantinya Teknologi Ban, Di Bawah 2 Menit

MotoGP 2014 Test Sepang: Kejutan Lagi Dari Aleix Di Bawah 2 Menit, Hari Terakhir

MotoGP 2014 Test Sepang: Desmosedici GP14 Pol-Polan, Dovi dan Crutchlow Mulai Pede

 

 

 

 

BAGIKAN