nhk

MotoGP 2014 Test Sepang2: Penantian Ducati Beralih Status, Dovi-Crutchlow Deg-Degan

ManiakMotor – Tes Sepang2 sebentar lagi, 26 – 28 Februari 2014. Akankah itu akhir cerita Ducati di arena MotoGP pabrikan? Deg-degan menantinya, termasuk duet Andrea Dovisiozo dan Cal Crutchlow yang dikontrak sebagai rider pabrikan. Maklum, ditinggal mereka, hanya ada empat pembalap pabrikan dari dua merek, sampeyan tahu siapa mereka.

Bukan rahasia lagi General Manager baru Ducati Luigi ‘Gigi’ Dall’Igna kepincut  Open Class (OC). Katanya untuk sementara lebih baik di OC  yang memungkinkannya bikin terobosan baru untuk pengembangan. Kalau di OC, Gigi punya jatah 12 mesin per musim untuk direkayasa terus menerus. Itulah yang ingin ia lakukan untuk membangun Desmosedici di masa depan.

Bertahan di tim pabrikan, geraknya terbatas, hanya bisa menggunakan lima mesin per musim yang telah disegel. Belum lagi, mental digebuk terus membuat mekanik dan pembalap jadi kecil hati. Ya, kira-kira begitu ilmu kira-kiranya. “Memang itu tujuannya,” kata Om Gigi. Sebut saja dia Om, walau dia tak nikah dengan tente kita.

Blum diamini petinggi Ducati Corse. Keputusan final ke OC atau tidak akan diambil usai tes Sepang2 ini. Dua faktor penentu, yakni performa Desmosedici GP14 dan restu Marlboro sebagai sponsor tim. Dari kedua faktor itu mana yang lebih kuat, ya belum tahu Bro! Kan dari Marlboro sendiri belum ada pernyataan apa pun.

Dalam tes Sepang1, performa GP14 jauh lebih bagus dari GP13. Dovi pun sangat puas dengan waktunya yang  hanya tertinggal 0,8 detik dari Marc Marquez. Ia berada di urutan 7.  Puas lantaran biasanya diasapi sampai 1.5 detik. Apalagi di waktu bersamaan empat pembalap bisa di bawah 2 menit.

Dovi sepertinya ingin Ducati tetap sebagai pabrikan. Sedang Cal di test Sepang1 hanya ke-12 dan  sebagai anak baru bilang, semuanya tergantung Gigi. Ia percaya program pengembangan yang dilakukan mantan direktur teknik Aprilia itu adalah demi kebaikan tim. “Itu tak ada hubungan dengan penampilan mengejutkan Aleix (Espargaro) yang bikin Open Class mengilap di Sepang1,” tegas Cal.

Betul Brosist, memang tak ada hubungannya meski Gigi mengaku terpesona dengan kinerja Yamaha FTR yang dibesut Aleix. Buktinya, Dovi sudah bocorkan rencana hijrah ke OC itu jauh hari sebelum Sepang1. Dan, kini Dovi berikut tifosi Ducati harus deg-degan menunggu hasil Sepang2. Dovi harus bawa GP14 makin laju agar statusnya dan Cal tetap joki tim  pabrikan. Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014: Suzuki Ogah Open Class, Pake Barang Baru di Tes Sepang2

MotoGP 2014 Test Sepang 2: M1 Yamaha Tech3 Pakai SSG, Wah Dapat Juga2???

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang 2: Sesama Joki M1, Rossi vs Lorenzo, Tanpa Marquez

MotoGP 2014 Jelang Test Sepang 2; Rossi Cs, Tetap Membidik Marquez Walau Tak Hadir

MotoGP 2014: Jadi Atlet Muda Terbaik, Marquez Bersaing Dengan Pembalap Sepeda

 

 

 

BAGIKAN