nhk

MotoGP 2014 Test Valencia: Crutchlow Bilang Ducati Makhluk Asing

 

 

ManiakMotor – Ducati mengontrak Cal Crutchlow tentu lewat timbang-timbang. Riding style dengan nyali yang tebal, alasan utama merek Italia memilih pembalap Inggris ini. Itu ilmu kira-kiranya. Ditambah modal Cal dengan kasat mata yang pas dengan karakter Ducati, waktunya tutup gas, ya tutup dan saat dibuka, buka serentak, itu yang dipercaya bisa menjinakkan Desmosedici. Masih elmu kira-kira juga, karena yang tahu betul Ducati.

Di hari pertama dan pertama kali menunggang Ducati saat testing MotoGP 2014 di sirkuit Valencia, 11 November, Cal masih beradaptasi. Selasa (12/11) ini ia sudah mampu mendekati catatan waktu Andrea Dovizioso yang semusim lebih dulu ke Ducati. Tapi saat berita ini mau diup-load, ia bisa dilewati Nicky Hayden menunggang Honda RCV1000R. Tahu sendirlah, Hayden siapa? Hehe… 

 Lumayan sebagai bukti awal kalau Cal suka guyon itu punya potensi bersama Ducati. Apalagi, ia masih didampingi Daniele Romagnoli selaku kepala mekanik yang ikut menyeberang dari tim Yamaha Tech3. “Ducati sangat beda. Ini motor belum pernah saya jajal. Setelah tiga tahun dengan motor yang sama, naik motor ini seperti ketemu makhluk asing. Tapi, saya sangat menikmatinya,” tutur Cal soal perasaan awalnya dengan Ducati. 

Dalam 36 lap hari pertama, best time-nya adalah 1:32,054 dan berada di urutan 6 tercepat. Tak jelek-jelek amat dibandingkan raceday GP Valencia lalu saat Cal masih membesut M1. Best lap-nya saat lomba adalah 1:32,369 sedangkan waktunya saat ssi Q2 adalah 1:31,113. 

“Saya temukan beberapa hal posisitif dalam motor ini, khususnya jarak pengereman yang lebih pendek dibandingkan motor beberapa hari lewat atau motor sebelumnya. Akselerasi dan kinerja girboks juga lebih baik dari motor yang pernah saya gunakan,” papar Cal.

Cal memang cukup santun untuk tidak sebut-sebut Yamaha dalam perbandingan itu meski arahnya mungkin ke sana. Mungkin lho!? Tapi soal girboks, Cal memang benar. Motor sebelumnya dipacu dia, pakai girboks biasa. Ducati itu sudah pakai SSG. “Tapi, kelemahan-kelemahannya juga saya rasakan,” cocor Cal tanpa sebut apa saja. Kali ini sadar sebagai anak baru agar tak buka aib tim sendiri. 

Untungnya, poin-poin lemah dan butuh pengembangan rasakan Cal banyak persamaan dengan  Dovizioso yang mantan rekan satu timnya di Tech3. “Masukan saya dengan Dovi tak banyak beda. Itu bagus sehingga memudahkan insinyur Ducati mengembangkan pacuan seperti yang kami inginkan,” ucap Cal yang sepanjang tes hari kedua Selasa (12/11) ini mulai nyetel dengan Desmosedici dan nempel dengan selisih waktu hanya 0,056 dari Dovi.

Hmm, kalau begitu mainkan terus Cal. Ingat, musuh pertama adalah rekan setimmu hehehehe! Andro

BACA JUGA

MotoGP 2014 Test Valencia; Pol Espargaro Calon Pengganti Rossi, Calon Penantang Marquez

Hasil Test Valencia MotoGP, 10 – 12 November 2013

MotoGP 2013 Test Valencia: Marquez Bergabung, Langsung Tokcer

MotoGP 2014 Test Valencia: Rossi Oke Dengan M1 2014, Bisa Pepet Lorenzo

MotoGP 2014: Gara-Gara Lorenzo dan Pedrosa, Sebab Marquez Sering Jatuh Di Free Practice

MotoGP 2014; Test Valencia; Mereka Yang Ganti Kostum, Lorenzo Tercepat

 

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353